Selasa, 29 September 2020
Advertorial

4 Hal yang Disiapkan Sebelum Mendaftar Sekolah Pilot

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan

Bagi beberapa orang, pilot bukan cita-cita masa kecil belaka. Hal ini dapat terbukti dari cukup tingginya jumlah peminat sekolah pilot setiap tahunnya. Namun, minat saja tidak cukup, ada 4 hal yang harus di persiapkan jauh-jauh hari agar perjalanan Anda masuk ke sekolah pilot jadi lancar:

1. Dana

Biaya sekolah pilot di 2020 ini berkisar antara 700  juta hingga 1 miliar. Di beberapa sekolah, biaya tersebut sudah termasuk makan dan akomodasi selama proses belajar, namun ada juga yang belum termasuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa masuk sekolah pilot itu mahal.

Jadi jika Anda berminat masuk sekolah pilot, bicarakan dengan orang tua jauh-jauh hari. Jika pihak orang tua menyanggupi, mereka pun butuh waktu untuk mengumpulkan dananya.

2. Fisik yang sehat

Selain tinggi dan berat badan, fisik yang sehat adalah kriteria utama menjadi pilot. Ada serangkaian uji kesehatan (medical examination) yang harus dilalui.

Pertama, calon pilot harus memiliki penglihatan yang bagus. “Bagaimana jika sudah telat untuk menjaga kesehatan mata?”.

Hal ini tergantung kebijakan sekolah pilot masing-masing.

Kedua, calon pilot mesti memiliki pendengaran yang normal. Segera konsultasikan ke dokter THT jika terdapat gangguan telinga. Selain mata dan telinga, Anda akan dihadapkan pula dengan tes urin.

Terakhir adalah kesehatan jantung, otak, dan saraf. Pilot tidak boleh memiliki gangguan pada organ penting tersebut karena akan mempengaruhi pekerjaannya dalam penerbangan.

3. Kemampuan bahasa Inggris

Seorang pilot wajib bisa berbahasa Inggris. Misalnya untuk berkomunikasi dengan ATC (Air Traffic Controller) atau pemandu lalu lintas udara selama penerbangan, seorang pilot harus menggunakan Bahasa Inggris walaupun dalam penerbangan domestik.

Selagi masih ada waktu ambil kelas Bahasa Inggris tambahan, baik kelas conversation maupun kelas persiapan TOEIC. Sebagai penunjang, berlatihlah secara otodidak dengan cara membaca, menonton, dan mendengarkan film ataubuku berbahasa Inggris.

4. Pilihan sekolah pilot

Mengapa jauh-jauh hari saya sudah harus mulai memilih sekolah pilot? Karena butuh waktu untuk memilih sekolah pilot yang tepat. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin seperti fasilitas, jumlahpesawat, jumlah instruktur, jam terbang, tempat latihan, dll dari berbagai sekolah pilot yang ada sehingga perlahan Anda bisa membedakan mana sekolah pilot yang berkualitas.

Agar lebih mudah, Anda bisa cek daftar 10 sekolah pilot terbaik 2020. List ini di update tiap tahunnya agar dapat membantu para calon siswa sekolah pilot.

Itulah empat hal utama yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum mendaftar ke sekolah pilot. Yang tak kalah pentignya, persiapkan diri untuk menghadapi ratusan orang lainnya yang memiliki impian yang sama. Persaingan yang ketat dan persyaratan yang cukup berat jangan meruntuhkan semangatmu menjadi pilot.(adv/tin/ipg)

 

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 29 September 2020
35o
Kurs