Sabtu, 18 Mei 2024

Anggota DPR dari Rumah Dinas Kalibata Beri Bantuan Korban Banjir

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Anggota DPR RI yang tinggal di rumah dinas Kalibata memberikan bantuan kepada korban banjir di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Anggota DPR RI yang tinggal di rumah dinas Kalibata memberikan bantuan kepada korban banjir di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan.

Ada 19 macam jenis barang yang dibawa dengan satu mobil box, diantaranya berupa makanan, pampers, selimut, handuk, peralatan kebersihan, pembersih lantai dan obat-obatan.

Sekadar diketahui, Rumah Jabatan Anggota (RJA) Kalibata ini memang lokasinya tidak jauh dari warga yang terkena banjir yakni di Pengadegan. Warga yang mengungsi disini jumlahnya sekitar 500 orang.

“Di RJA Kalibata ini ada RW nya dan saya RW nya. Jadi, ini dalam hubungan kemanusiaan, kita tinggal berdekatan dengan warga disini. Alhamdulillah kita tidak banjir, tapi saat sahabat kita kena musibah banjir, maka sebagai sahabat dan saudara, kita harus prihatin dan membantu. Jadi ini perumahan Kalibata membantu saudara-saudaranya yang kena musibah banjir,” ujar Agung Budi Santoso Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR yang memimpin pemberian bantuan, Jumat (3/1/2019).

Menurut Agung, sebelum memberikan bantuan, telah ada koordinasi dengan Lurah Pengadegan untuk mengetahui apa saja yang diperlukan untuk para korban banjir.

“Kami berkoordinasi dengan pak lurah terhadap apa yang dibutuhkan yang mengungsi disini untuk kita berikan bantuan. Bantuan ini adalah Spontanitas dari kesekjenan dan dari kami anggota DPR,” jelasnya.‎

Agung berharap warga bersabar menerima keadaan yang tidak diinginkan ini. Agung juga berharap banjir segera dapat diatasi dan surut kemudian warga bisa segera kembali ke rumah masing-masing.

Agung dan dua anggota DPR masing-masing Idah Syahidah Rusli Habibie dan Doni Akbar juga berkesempatan menemui para pengungsi korban banjir di Gedung Olah Raga Pengadegan yang dipakai sebagai tempat pengungsian.

“Tempat pengungsian ini ya cukup memadai, bersih, rapi karena inikan gedung olahraga, jadi punya hall yang cukup luas. Tapi tentunya juga pasti enak di rumah sendiri. Kami berharap banjir segera selesai dan bisa kembali beraktifitas, melanjutkan hidupnya, melanjutkan pekerjaannya, kembali ke rumahnya masing- masing,” kata Agung.

Dia melihat, pemerintah setempat cukup siap menghadapi bencana banjir ini.

“Kalau dilihat tempatnya dan kesiapan pemerintah daerah di sini sudah cukup bagus,” pungkas Agung.(faz/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs