Jumat, 26 April 2024

Banjir Mojokerto Sudah 4 Hari, BPBD Minta Bantuan TNI Buka Sumbatan di Dam Sipon

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas BPBD melihat peta daerah terendam banjir di Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Mojokerto. Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Empat hari banjir merendam dua dusun di Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Djoko Supangkat Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan bahwa banjir tak segera surut karena tersumbatnya aliran sungai di Dam Sipon di Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg.

“Selain karena intensitas hujan tinggi sehingga sungai Watu Dakon meluap, penyebab utamanya yaitu aliran air di Dam Sipon tersumbat sampah dan ranting,” ujarnya kepada Fuad Maja FM, Rabu (5/2/2020) pagi.

Berhubung Dam Sipon berada di bawah pengelolaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, BPBD Kabupaten Mojokerto lantas melakukan rapat bersama BPBD Provinsi Jawa Timur untuk mengatasi hal tersebut.

Muhammad Zaini Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan bahwa berdasarkan hasil rapat tersebut, BPBD Jatim akan meminta bantuan anggota TNI untuk berupaya membuka sumbatan di Dam Sipon.

“Kemarin kita usulkan meminta bantuan penyelam dari marinir dan juga BPBD Provinsi untuk mengurai sumbatan di Dam Sipon. Semoga bisa segera terealisasi dan teratasi,” jelasnya

Banjir melanda dua Dusun di Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto sejak Sabtu (1/2/2020) hingga hari ini Rabu (5/2/2020) air masih mengenangi puluhan rumah warga.

Data Badan Penaggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto hingga Rabu (5/2/2020) air akibat luberan Sungai Watu Dakon, sebanyak 40 lebih rumah warga di Dusun Bekucuk dan di Dusun Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko, Mojokerto terendam banjir.

Tak hanya rumah, banjir akibat luapan sungai juga mengenangi hektaran sawah juga fasilitas umum di Desa Tempuran. Seperti sekolah, balai desa hingga gereja.(fad/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs