Sabtu, 27 April 2024

Dua Pasien Demam Berdarah di Trenggalek Meninggal

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: dok. suarasurabaya.net

Dua orang pasien terjangkit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, meninggal akibat kondisi trombosit yang turun drastis sehingga mengalami syok berat dan kolaps.

Saeroni Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek mengatakan, satu dari dua pasien yang meninggal akibat DBD terjadi pada akhir Januari, sedangkan pasien kedua tercatat meninggal pada awal Februari 2020.

“Total kasus DBD di Trenggalek selama dua bulan terakhir, Januari hingga pertengahan Februari ada sebanyak 76 kasus, dengan dua orang di antaranya meninggal dunia,” kata Saeroni.

Ia menjelaskan, DBD saat ini banyak menyerang wilayah dataran, khususnya di Kecamatan Kota Trenggalek.

Lonjakan kasus DBD bahkan menyebabkan RSUD dr Soedomo, Trenggalek, mengalami kelebihan pasien. Akibatnya, sebagian pasien terpaksa dirawat di lorong-lorong ruang perawatan rumah sakit.

Sujiono Humas RSUD dr. Soedomo Trenggalek menambahkan, selama satu setengah bulan terakhir tercatat ada 54 pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit setempat. Rinciannya, 27 pasien dirawat pada periode Januari dan 27 pasien lainnya pada Februari.

“Hingga pertengahan Februari ini yang masih dirawat ada 27, dewasa maupun anak-anak. Mayoritas pasien DBD ini adalah rujukan dari puskesmas dan klinik,”katanya.

Sekalipun telah terjadi kasus kematian akibat DBD, Pemkab Trenggalek belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB).

Angka kejadian DBD pada awal 2020 tergolong cukup tinggi, yakni total 76 kasus selama kurun Januari hingga pertengahan Februari. Namun, prevalensinya secara keseluruhan masih jauh dari kejadian kasus sejenis pada 2019 yang tercatat mencapai 507 dan sebanyak 206 pada 2018.

Kawasan endemik yang menjadi langganan DBD diidentifikasi ada di Kecamatan Durenan, Pogalan dan Kecamatan Trenggalek.

Saeroni berharap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman demam berdarah. Upaya pencegahan dengan melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) jauh hari wajib dilakukan, demikian pula dengan kegiatan fogging atau pengasapan.

“Sebab pada musim hujan biasanya terjadi peningkatan jumlah populasi nyamuk aides aegypti pembawa virus demam berdarah,” tambahnya.(ant/den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs