Sabtu, 20 April 2024

Dua Warga Terluka dalam Banjir Bandang di Bondowoso

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sejumlah warga berusaha mencari barang-barangnya di endapan lumpur akibat banjir bandang yang melanda Desa Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020). Foto: BPBD Bondowoso

Banjir bandang yang melanda Desa Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (19/1/2020), mengakibatkan dua warga setempat mengalami luka ringan, yang salah seorang di antaranya warga lanjut usia atau lansia.

Agus Wibowo Kepala Pusat Data, Informasi (Kapusdatin) dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Bondowoso, Rabu malam, menyebutkan bahwa saat ini air bercampur yang masuk ke permukiman warga di kawasan lereng Kawah Ijen itu telah surut.

“Dua korban yang luka ringan itu, salah satunya seorang lansia dirawat di Puskesmas Ijen dan sekarang kondisinya membaik,” katanya dilansir Antara.

Ia menjelaskan bahwa personel BPBD Kabupaten Bondowoso bersama personel TNI dan Polri, relawan, masyarakat, kalangan pemilik usaha dan instansi terkait lainnya melakukan gotong royong membersihkan sisa material lumpur akibat banjir bandang itu.

“Dapur umum telah dibuka di Kantor Kecamatan Ijen dan BPBD Kabupaten Bondowoso sudah menetapkan SK Tanggap Darurat selama 14 hari terhitung tanggal 29 Januari hingga 11 Februari 2020. Sementara cuaca di lokasi saat ini dalam kondisi cerah,” katanya.

Kukuh Triyatmoko Ratusan rumah di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Rabu siang diterjang banjir bandang setelah sebelumnya di wilayah atas, yakni Gunung Suket, Jampit, diguyur hujan deras.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso sebelumnya menyebutkan, akibat banjir bandang itu, sekitar 200 rumah warga di Desa Sempol terendam lumpur setinggi sekitar 30 cm.

“Terdampak banjir bandang diperkirakan ada 200 rumah, namun itu sementara, karena kami bersama petugas lainnya masih melakukan pendataan,” ujarnya.(ant/tin/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs