Kamis, 29 Oktober 2020

Imlek 2571, Setelah Sembahyang, Penting Kumpul Keluarga

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sembahyang Imlek, biasanya berlanjut dengan kumpul bersama keluarga untuk menikmati pergantian tahun baru Imlek 2571. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Berkumpul bersama keluarga menjadi satu diantara kegiatan yang tidak terpisahkan bahkan dianggap penting dilakukan setelah umat yang merayakan Imlek 2571 melakukan sembahyang pegantian tahun.

“Justru biasanya kumpul keluarga itu yang jadi tujuan umat merayakan Imlek. Biasanya memang setelah melakukan persembahyangan Imlek, umat akan berkumpul bersama-sama keluarga masing-masing. Ini sepertinya yang penting, setelah sembahyang,” terang A Kiong pengurus klenteng Hong San Ko Tee Jl. Cokroaminoto, Surabaya.

Menurut A Kiong, sembahyang Imlek 2571 dilaksanakan pada Jumat (24/1/2020) malam, dan akan berlanjut hingga Sabtu (25/1/2020). Kemudian dilanjutkan dengan acara kumpul-kumpul bersama keluarga.

“Biasanya keluarga jauh, anak-anak yang di luar negeri pulang buat ketemu keluarga. Dan itu pas dengan Imlek. Sembahyang ke klenteng bersama-sama terus saling berkunjung ke tetangga atau keluarga lainnya. Tradisi itu yang penting sepertinya, dan masih banyak keluarga yang memanfaatkan momen itu,” tambah A Kiong.

Ditemui di tempat berbeda, Shania Karsono mahasiswi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Rabu (22/1/2020) membenarkan bahwa setelah sembahyang keluarga berkumpul bersama.

“Memang seperti itu. Yang muda menemui yang tua, menyampaikan ucapan Imlek. Dan berkumpul bersama keluarga rasanya jadi momen spesial. Karena itu, biasanya setelah sembahyang lanjut berkumpul bersama keluarga, teman, tetangga merayakan Imlek. Kumpul keluarga kayaknya jadi kewajiban lhoo,” terang Shania.

Karena itu, lanjut Shania tahun ini dirinya mempersiapkan diri untuk pulang sebelum sembahyang Imlek, agar bisa berkumpul keluarga. “Zaman masih ada Engkong, setelah sembahyang saling mengucapkan salam dan khususnya pada yang lebih tua. Terus kumpul bersama keluarga,” pungkas Shania.(tok/tin)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Kamis, 29 Oktober 2020
28o
Kurs