Rabu, 8 Mei 2024

Inilah Cerita Pegawai Alfamart Sebelum Gedung Runtuh

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Gedung berlantai empat di Jalan Brigjen Katamso Slipi, Jakarta Barat, runtuh Senin (6/1/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Gedung berlantai empat di Jalan Brigjen Katamso Slipi, Jakarta Barat, runtuh pada Senin (6/1/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Rizal seorang pegawai Alfamart yang berada di lantai dasar tempat toko tersebut menceritakan kalau saat kejadian ada 13 orang di dalam gedung. Kata dia, 10 orang adalah pegawai Alfamart dan tiga orang adalah tamu atau pembeli.

“Di dalam ada 13 orang, 10 pegawai kita, dan tiganya dari pelanggan,” ujar Rizal di lokasi, Senin (6/1/2020).

Dia sempat melakukan evakuasi ketika situasnya masih lancar.

“Saya sempat evakuasi karena situasi masih lancar gitu. Jadi masih ada jeda waktu,” jelasnya.

Menurut Rizal, sebelum runtuh sempat terlihat retakan di tembok atau pilarnya. Ketika sudah ada pecahan dinding yang jatuh maka dia minta kawan-kawannya keluar gedung, termasuk yang berada di lantai dua.

“Karena retakannya masih sedikit saya masih bisa bilang evakuasi karena dari situ sudah ada puing jatuh makanya saya khawatir. Saya bilang udah keluar dulu dah ada puing jatuh,” kata Rizal.


Rizal seorang pegawai Alfamart di gedung berlantai empat di Jalan Brigjen Katamso Slipi, Jakarta Barat, runtuh Senin (6/1/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.Foto: Faiz suarasurabaya.net

Setelah semua keluar, selang dua atau tiga menit, gedung kemudian runtuh.

“Baru pas keluar, selang dua menit atau berapa lah gedungnya jatuh/runtuh. Proses puing jatuh sampai dengan roboh itu ya paling nggak dua sampai 3 menit,” jelas Rizal.

Rizal menjelaskan, sejak tanggal 1 Januari lalu gedung ini atap-atapnya di lantai dua sudah parah kebocoran airnya. Sehingga sebelum kejadian dan sudah terlihat retak serta ada puing jatuh, maka orang-orang yang di dalam cepat keluar.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs