Kamis, 25 April 2024

Jokowi Menerima Kunjungan Kenegaraan Presiden Singapura di Istana Bogor

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI jalan bersama Halimah Yacob Presiden Singapura, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara menyambut kunjungan kenegaraan Halimah Yacob Presiden Singapura beserta Bapak Mohamed Abdullah Alhabshee, Selasa (4/2/2020), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Rombongan terbatas Presiden Singapura tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.47 WIB.

Setibanya di Istana Bogor, rombongan Presiden Singapura diiringi korps musik, pasukan berkuda, serta pasukan Nusantara dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Para pelajar yang memakai baju adat Nusantara juga turut menyambut Presiden Halimah sambil melambaikan bendera kedua negara.

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan. Lagu kebangsaan kedua negara dilantunkan lalu ada dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah itu, dua kepala negara melakukan inspeksi pasukan kehormatan. Selesai upacara kenegaraan, Presiden Jokowi mengajak Presiden Singapura masuk ke dalam Istana untuk menandatangani buku tamu kenegaraan.

Di Ruang Teratai, Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara bersama Presiden Halimah dan Bapak Mohamed Abdullah Alhabshee melakukan sesi foto bersama. Kedua Kepala Negara kemudian menuju halaman belakang Istana Bogor untuk melakukan penanaman pohon bersama. Pada kesempatan itu, Jokowi dan Halimah menanam pohon damar (agathis dammara). Selesai menanam pohon, Presiden Jokowi dan Presiden Halimah kemudian melakukan pertemuan tete-a-tete di veranda Istana. Setelahnya, kedua kepala negara menggelar pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan bilateral, Jokowi Presiden mengaku merasa terhormat dengan kunjungan Presiden Halimah dan delegasi. Jokowi juga memuji Presiden Halimah atas kepeduliannya pada isu pendidikan dan perempuan.

“Saya mendapatkan informasi, sebagai Minister of State for Community Development and Sports pada tahun 2012, Ibu Halimah mewisuda 697 penata laksana rumah tangga asal Indonesia yang lulus pendidikan paket B dan paket C di sekolah Indonesia di Singapura,” kata Jokowi.

Usai pertemuan bilateral, kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman Indonesia-Singapura. Rangkaian acara kenegaraan ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan di Ruang Garuda.

Turut mendampingi Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Sri Mulyani Menteri Keuangan, dan Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemudian, Agus Suparmanto Menteri Perdagangan, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Bahlil Lahadalia Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan I Gede Ngurah Swajaya Duta Besar Indonesia untuk Singapura. (rid/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs