Jumat, 19 April 2024

Jokowi Presiden Melantik Kepala BPIP dan Kepala BPKP

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Yudian Wahyudi Asmin Kepala BPIP, dan Muhammad Yusuf Ateh Kepala BPKP, mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, sore hari ini, Rabu (5/2/2020), melantik dua orang pejabat negara, di Istana Negara Jakarta.

Masing-masing adalah Yudian Wahyudi Asmin menjadi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan Muhammad Yusuf Ateh sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Prosesi pelantikan diawali dengan lantunan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12/P Tahun 2020 tentang Pengangkatan Kepala BPIP tertanggal 23 Januari 2020.

Kemudian, pembacaan Keppres Nomor 29/TPA Tahun 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Utama di Lingkungan BPKP tertanggal 30 Januari 2020.

Selanjutnya, kedua orang tersebut bersama-sama mengucapkan sumpah jabatan dipandu Jokowi Presiden, di bawah Kitab Suci Al Quran yang dipegang rohaniawan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat pada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada negara,” ucap Jokowi Presiden diikuti Yudian dan Yusuf.

Sesudah prosesi pengucapan sumpah jabatan berlangsung, Presiden menyampaikan ucapan selamat, diikuti Ma’ruf Amin Wakil Presiden, dan para pejabat negara yang ada di lokasi acara.

Sekadar informasi, sebelum menjabat Kepala BPIP, Yudian Wahyudi Asmin adalah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Yudian yang dikenal sebagai akademisi antiradikalisme, menggantikan Yudi Latif yang mundur sebagai Kepala BPIP pada awal Juni 2018.

Sedangkan Muhammad Yusuf Ateh menjadi Kepala BPKP menggantikan Ardan Adiperdana yang memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Yusuf Ateh pernah menjabat Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.(rid/tin/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs