Sabtu, 20 April 2024

Jokowi Presiden akan Jadi Pembicara Kunci di Forum ADSW

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden usai pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Sheikh Mohamed bin Zayed di Istana Qasr Al Watan. Foto: Akun twitter @Jokowi

Joko Widodo Presiden punya sejumlah agenda kegiatan pada hari kedua kunjungan resminya ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Senin (13/1/2020).

Agenda pertama, Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Armenia Armen Sarkissian. Presiden juga akan melakukan pertemuan dengan CEO SoftBank Masayoshi Son.

Setelah itu, Presiden akan menuju Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC) untuk menghadiri Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW).

Pratikno Menteri Sekretaris Negara mengatakan, Jokowi Presiden diundang untuk menjadi pembicara utama dalam acara tersebut.

“Jadi Pak Presiden diundang oleh Raja untuk menjadi pembicara utama dalam Abu Dhabi Sustainability Week. Itu kan sebuah acara yang prestisius tentang pembangunan keberlanjutan, bukan hanya lingkungan tapi juga bagaimana ekonomi berkelanjutan, teknologi berkelanjutan, dan lain-lain,” kata Pratikno saat melepas Presiden di Halim Perdanakusuma, Minggu (12/1/2020).

Pratikno menjelaskan, pembangunan berkelanjutan merupakan isu penting, bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi dunia. Pada kesempatan tersebut, lanjut Mensesneg, Presiden akan menyampaikan tentang rencana ibu kota baru Indonesia.

“Dengan ibu kota baru tersebut Pak Presiden ingin mengajak juga dunia internasional untuk menjadikan ibu kota baru Indonesia ini menjadi satu showcase, jadi contoh dunia menjadi sustainability city dengan segala aspeknya,” paparnya.

“Seperti yang sering Pak Presiden katakan, bahwa nanti ada zero emission, compact city, tapi juga inovasi dan kreativitas, penggerak ekonomi, dan lain-lain. Jadi Pak Presiden ingin menawarkan bahwa ibu kota baru salah satu yang ingin disampaikan tentang visi Indonesia ke depan mengenai sustainable development,” imbuhnya.

Usai berbicara di ADSW, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan pertemuan trilateral dengan Mohamed Bin Zayed Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh dan Masayoshi Son CEO SoftBank.

Kemudian, Presiden akan menuju Terminal Kepresidenan Bandara Internasional Abu Dhabi untuk kemudian lepas landas kembali ke Tanah Air.

Presiden dan rombongan rencananya tiba di Jakarta pada Selasa (14/1/2020) dini hari.(rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs