Kamis, 9 Mei 2024

Jokowi Tawarkan Bantuan Menangani Wabah Virus Corona kepada Presiden China

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memberikan keterangan terkait obrolannya mengenai Virus Corona dengan Xi Jinping Presiden China, Rabu (12/2/2020), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menyampaikan rasa duka atas wabah penyakit akibat Virus Corona yang menyebar dari daerah Wuhan, Provinsi Hubei, China, hingga mengakibatkan banyak korban jiwa.

Indonesia, kata Jokowi, juga akan selalu bersama China dalam masa-masa sulit seperti sekarang.

Ungkapan empati itu disampaikan Jokowi langsung kepada Xi Jinping Presiden China, melalui sambungan telepon, Selasa (11/2/2020), kemarin malam.

Dalam pembicaraan antardua pemimpin negara tersebut, Jokowi Presiden mengungkapkan keyakinannya, kalau China bisa sesegera mungkin mengatasi wabah Virus Corona.

“Tadi malam pukul 19.30, saya berbicara melalui telepon dengan Presiden Xi Jinping, yang pertama saya sampaikan duka cita kepada korban Virus Corona yang ada di Tiongkok. Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin China bisa selesaikan masalah Virus Corona dalam waktu secepat-cepatnya. Itu kira-kira yang saya sampaikan kepada Presiden Xi Jinping,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menawarkan bantuan kalau China membutuhkan, untuk mempercepat penanganan pasien yang terinfeksi, serta dalam upaya pencegahan.

“Saya juga menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya bilang Indonesia siap untuk memberikan bantuan,” tegasnya.

Sekadar informasi, Pemerintah Indonesia masih terus berupaya mengantisipasi penyebaran virus yang diberi nama Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya, sebanyak 62 orang pasien di Indonesia yang diduga terinfeksi, ternyata negatif Covid-19 sesudah melalui pengujian spesimen di laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan.

Sementara, sampai hari Selasa (11/2/2020) kemarin, Otoritas Kesehatan China melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat terinfeksi Virus Covid-19 mencapai 1.113 orang.(rid/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs