Jumat, 26 April 2024

Konsumsi BBM di Tol Jatim Selama Tahun Baru Naik 3 Persen

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Petugas SPBU melayani pengisian BBM di rest area tol. Foto: Antara

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V mencatat konsumsi BBM jenis gasoline (premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo) di ruas tol Jawa Timur mengalami kenaikan rata-rata sebesar 3 persen selama libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Rustam Aji Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina MOR V di Surabaya, Selasa (7/1/2020) mengatakan, kenaikan tertinggi tercatat di SPBU sepanjang ruas tol Ngawi hingga Malang dan Probolinggo yang naik 59 persen.

Ia mengatakan, secara data konsumsi rata-rata gasoline di Jatim mencapai 14.080 kiloliter (KL)/hari atau naik 3 persen dari rata-rata normal harian yang berada di angka 13.640 KL/hari.

“Secara detail, kenaikan tertinggi ada pada jenis pertalite dan pertamax yang mencapai 5 persen, yang naik karena meningkatnya jumlah masyarakat yang memanfaatkan libur panjang untuk bepergian,” tuturnya dilansir Antara.

Sedangkan untuk produk gasoil yang meliputi solar, dexlite serta pertamina dex mengalami penurunan sebesar 12 persen dari rata-rata normal harian. Hal ini karena berkurangnya operasional kendaraan besar seperti truk dan angkutan barang pada Natal dan Tahun Baru 2020.

“Untuk konsumsi jenis dexlite justru naik 5 persen, begitu pula pertamina dex yang secara kumulatif yang naik tipis 1 persen dari normal,” katanya dilansir Antara.

Sementara itu, Pertamina mencatat tersambungnya tol Trans-Jawa khususnya yang mengarah ke tempat wisata seperti Malang, Banyuwangi, bahkan hingga Bali membuat rata-rata SPBU di jalur itu mengalami peningkatan penjualan.

Kenaikan itu tercatat untuk gasoline sebesar 59 persen dan gasoil sebesar 10 persen, dan terjadi pada jenis-jenis bahan bakar khusus, seperti pertalite yang naik 72 persen, pertamax 82 persen, pertamax turbo 32 persen, dexlite 56 persen, dan pertamina dex 42 persen.

“Jalur wisata menjadi salah satu titik tujuan pemudik maupun masyarakat selama masa Natal dan Tahun Baru 2020. Oleh karena itu, kehandalan dalam mendistribusikan energi dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjadi salah satu fokus kami selama masa satgas Natal dan Tahun Baru kemarin,” katanya.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs