Jumat, 28 Januari 2022

Lewat Pendik, Ingatkan Milenial Pahlawan dan Tokoh Nasional Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Teguh P. Sasongko dan Pendik karyanya, ajak milenial kenali pahlawan nasional dan tokoh nasional Indonesia. Foto: Totok suarasurabaya.net

Lewat karya Pensil Mendidik, Pendik, Teguh P. Sasongko mengajak milenial untuk kembali mengenali para pahlawan nasional serta tokoh nasional Indonesia, ditengah arus globalisasi yang deras saat ini.

Pensil berbahan kayu seperti karya Teguh, sejatinya sudah banyak ditemukan dan dijual di pasar bebas. Di toko penjual alat-alat tulis dan kantor (ATK) pensil kayu mudah ditemukan. Bahkan dengan gambar atau elemen warna-warni serta aneka karakter kartun dan aneka motif lainnya.

“Justru itu kemudian terpikirkan, bagaimana membuat sesuatu yang dibutuhkan sehari-hari khususnya untuk siswa atau pelajar di sekolah tetapi sekaligus memberikan sedikit pengetahuan. Dan terciptalah Pendik,” terang Teguh, Rabu (5/2/2020).

Pensil berbahan kayu kemudian dibiarkan polos tanpa warna, lalu ditempeli dengan gambar-gambar hasil proses transfer papper yang menggunakan kertas print khusus, dengan menghadirkan gambar pahlawan nasional seperti Soekarno, Hatta, Habibie dan Gus Dur.

“Prosesnya transfer papper. Gambar pahlawan di print sedemikian rupa kemudian ditempelkan pada pensil yang memang sengaja tidak diberikan warna. Natural wood. Dan membuat pensil polos itu terkesan menjadi lebih menarik dengan gambar pahlawan atau tokoh nasional,” tambah Teguh.

Harapannya, lanjut Teguh, para pelajar, siswa atau siapapun yang menggunakan pensil mendidik tersebut juga melihat atau sekurangnya membaca karakter yang ada pada bagian pensil yang ditempeli karakter pahlawan dan tokoh nasional tersebut.

“Harapannya gitu. Saat mereka menulis atau menggunakan Pendik, mereka juga sekaligus tertarik untuk membaca karakter pahlawan atau tokoh nasional yang ada pada pensil tersebut. Milenial wajib mengingat pahlawan bangsa ini,” tegas Teguh.

Ke depan nanti, lanjut Teguh tidak menutup kemungkinan bahwa Pendik ini juga akan ditempeli dengan karakter-karakter pahlawan nasional dan tokoh nasional lainnya, seperti RA Kartini, Gundala Putera Petir dan karakter lainnya.

“RA Kartini, Jenderal Soedirman, atau karakter-karakter asli Indonesia, seperti Gundala Putera Petir jug aakan kami tampilkan. Karakter-karakter asli Indonesia begitulah. Milenial bisa jadi memang tidak mengenali pahlawan nasionalnya sendiri, tapi dengan Pendik, mereka bisa belajar,” pungkas Teguh.

Saat ini, Pendik sudha dijual secara online maupun dijual di toko-toko alat tulis di Kota Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Jumat, 28 Januari 2022
25o
Kurs