Jumat, 29 Maret 2024

Lomba Perebutkan Piala Prapanca 2020 Kembali Digelar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ainur Rohim Ketua PWI Jawa Timur. Foto: Istimewa

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar lomba karya tulis, foto, televisi dan radio memperebutkan piala Prapanca Tahun 2020.

Lomba digelar dalam rangka Hari Pers Nasional 2020 dan HUT Ke-74 PWI meliputi karya tulis media cetak dan online, karya foto media cetak dan online, karya jurnalistik televisi serta karya jurnalistik radio.

Karya tulis, foto, televisi dan radio, harus memenuhi persyaratan jurnalistik dan obyeknya terjadi di Jatim atau hasil liputan di daerah lain yang ada kaitannya dengan provinsi ini, sepanjang 2019.

“Silakan para wartawan yang bertugas di Jatim ikut berkompetisi dan kami yakin banyak karya yang layak bersaing memperebutkan Piala Prapanca tahun ini. Setiap peserta hanya boleh mengikuti maksimal tiga karya di masing-masing kategori,” kata Ainur Rohim Ketua PWI Jatim di Surabaya, Kamis (2/1/2020), seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Syarat peserta Lomba Piala Prapanca 2020 adalah:
1. Peserta adalah wartawan bertugas di Jatim, baik anggota PWI Jatim atau yang belum menjadi anggota PWI,
2. Karya perorangan atau kelompok/tim dengan menuliskan nama anggota kelompok/tim pada surat pengantar,
3. Berbahasa Indonesia,
4. Sudah dimuat, ditayangkan dan disiarkan antara 1 Januari hingga 31 Desember 2019 di media massa berbadan hukum.

Ketentuan dalam pengiriman karya:
1. Karya tulis dikirim dalam bentuk kliping yang ditempel di atas kertas ukuran folio disertai tiga fotokopi serta mencantumkan nama penerbitan, hari/tanggal/tahun, halaman dan kode/nama penulis,
2. Karya foto hitam-putih atau berwarna dengan ukuran sisi terpendek 18 cm atau 10 R, disertai fotokopi bukti pemuatan karya tersebut.
3. Karya jurnalistik televisi kategori feature dengan durasi 5-15 menit dikirimkan dalam bentuk VCD/DVD tiga keping dan naskahnya secara tertulis dengan pencantuman program, hari/tanggal/tahun dan jam penayangannya.
4. Karya jurnalistik radio kategori feature dengan durasi 5-15 menit yang dikirimkan dalam bentuk VCD/DVD tiga keping dan naskahnya secara tertulis serta mencantumkan, program, hari/tanggal/tahun dan jam penyiarannya.

Naskah tersebut dikirim ke sekretariat PWI Provinsi Jawa Timur, Jalan Taman Apsari 15-17 Surabaya 60271 mulai 6 Januari dan selambat-lambatnya 31 Januari 2020.

Sementara itu, Teguh LR Ketua Panitia HPN 2020 dan HUT Ke-74 PWI menambahkan, masing-masing pemenang di setiap kategori berhak menerima piala bergilir Prapanca, piala tetap, piagam penghargaan dan uang Rp 10 juta.

Selanjutnya, tiga karya tulis, karya foto, karya jurnalistik televisi dan karya jurnalistik radio sebagai nominator masing-masing menerima piagam penghargaan dan uang Rp2 juta.

“Dewan Penilai adalah wartawan senior dan akademisi yang ditunjuk oleh Pengurus PWI Jatim dan keputusan adalah mutlak serta tidak dapat diganggu gugat. Nantinya, pengumuman pemenang dan penerimaan hadiah dilaksanakan pada acara resepsi peringatan HPN 2020 tingkat Jatim,” tambahnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs