Kamis, 18 April 2024

Mertua Sekda Lamongan Rajin Shalat Malam

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Yurohnur Effendi Sekretaris Daerah Lamongan mengungkapkan, ibu mertuanya (Rowaeni) pukul dua siang siang Jumat (3/1/2020), masih sempat cerita kalau baru panen pepaya dan akan mengirimkan pepaya itu ke panti asuhan.

“Karena beliau rutin mengirimkan Kates (Pepaya) dan beras di panti asuhan itu,” ujar Yurohnur kepada wartawan, Sabtu (4/1/2020).

Menurut Yurohnur, Rowaeni merupakan perempuan lansia yang cukup ulet dalam memperjuangkan ekonomi keluarga. Rowaeni punya beberapa kontrakan. Selain itu, dia juga sosok yang rajin mengingatkan anak-anaknya beribadah shalat.

“Ya memang ibu itu seneng berbagi. Beliau orang yang sangat ulet sekali, banyak punya kontrakan, ya ulet lah dalam memperjuangkan keluarga. Setiap pagi, paling rajin membangunkan anak-anaknya shalat tahajud dan shalat subuh,” kata Yurohnur.

Kebiasaan shalat malam itu, kata Yurohnur, dilakukan Rowaeni setiap hari. Sehingga, pada saat ditemukan meninggal, Rowaeni juga sedang berada di mushala dalam keadaan mengenakan mukena.

“Pada saat beliau meninggal juga masih dalam keadaan shalat dan ngaji pakai mukena, karena memang itu kebiasaan baik beliau ketika di rumah,” katanya.

Rowaeni juga dikenal sangat aktif dalam kegiatan Ikatan Wanita usaha Indonesia (IWAPI). Selain itu aktif berkegiatan dengan ibu-ibu lansia lainnya. Sesekali juga mengunjungi anak-anaknya bergiliran.

Selama ini, Rowaeni tinggal sendiri di rumah itu. Karena empat anaknya tinggal berjauhan. Hanya saja, secara bergantian menjenguk Rowaeni sekali waktu.

Di rumah itu, Rowaeni punya satu penjaga rumah yang bekerja padanya sudah 10 tahun. Tapi pembantunya itu tidak tinggal bersama Rowaeni, karena memang rumahnya berdekatan.

“Setiap hari sendiri, kadang ya bergantian anak-anaknya itu datang, karena semuanya jauh, yang paling dekat ya anak bungsu yang terakhir yang laki-laki hampir setiap Sabtu pulang ke situ,” katanya.

Sebelumnya, Rowaeni (68 tahun) ibu mertua Yurohnur Effendi ditemukan tak bernyawa di mushola rumahnya di Dusun Glogok, Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Jumat malam (4/1/2020).

Polisi saat ini terus mendalami kasus ini. Dugaan sementara pembunuhan. Dua orang yang indekos di tempat korban juga diperiksa oleh Polres Lamongan. (bid/ang/iss)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs