Jumat, 26 April 2024

Pasien WN China Membaik, RSUD dr Soetomo Masih Tunggu Hasil Swab

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Suasana di sekitar ruangan dokter jaga ruang isolasi RSUD dr. Soetomo, Surabaya, Rabu (29/1/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tim Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging RSUD dr Soetomo belum melepas status waspada pada satu pasien warga negara China yang dirawat di ruang isolasi khusus (RIK) sejak 26 Januari kemarin.

dr. Pesta Parulian Kepala Humas RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, meskipun kondisinya terus membaik, tim dokter masih menunggu hasil pemeriksaan swab atau pemeriksaan laboratorium dahak terhadap satu pasien Warga Negara China ini.

“Tunggu hasil laboratorium lendir tenggorokan atau swab. Dari penampakannya sangat membaik. Pasien sudah tidak ada batuk, demam, dan tidak ada perburukan. Karena hasil lab belum keluar maka masih belum bisa lepas dari status waspada,” ujar Pesta kepada suarasurabaya.net, Rabu (29/1/2020).

Pesta mengatakan, kalau dilihat dari gambaran pemeriksaan thorax pasien ini negatif coronavirus. Tapi kata Pesta, tim dokter belum bisa mengatakan negatif kalau belum ada hasil tes laboratoriumnya.

“Suhu tubuhnya normal. Kita pantau dari rekaman CCTV tidak ada gejala-gejala perburukan. Pasien tersebut menuju baik. Tidak ada tanda-tanda menuju sangkaan virus corona,” katanya.

Sebelumnya, seorang perempuan WN China yang diketahui berprofesi guru les Bahasa Mandarin di salah satu lembaga pendidikan di Surabaya, menjalani perawatan intensif di ruang isolasi khusus RSUD dr Soetomo Surabaya, Minggu 26 Januari. Perempuan itu datang dari China pada 5 Januari, lalu mengeluhkan batuk yang dialami seminggu belakangan.(bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs