Jumat, 3 April 2020

Pemenang Olimpiade Bahasa Jerman Nasional 2020, Berangkat ke Jerman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Malam pemberian penghargaan pemenang pada Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional 2020. Foto: Istimewa

Sebanyak 74 finalis dari 27 provinsi Indonesia berkompetisi pada putaran final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional 2020 di Goethe Institut Jakarta. Dua pemenang utama mewakili Indonesia pada Olimpiade Bahasa Jerman tingkat internasional, di Jerman, Juli 2020 mendatang.

Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional telah diselenggarakan sejak tahun 2008 dan bertujuan untuk mempromosikan bahasa Jerman di Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Goethe Institut Indonesien bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) serta didukung oleh Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Indonesia.

“Goethe-Institut Indonesien mendukung anak-anak muda di Indonesia agar memiliki motivasi berangkat ke Jerman, baik untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi atapun menempuh pelatihan kerja,” terang Dr. Stefan Dreyer, Direktur Goethe-Institut Indonesien.

Penghargaan Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional, memilih Abdul Fattah Bima, siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta sebagai juara pertama, dan Bernard Lesley Efendy, siswa SMA Ignatius Global School Palembang, menjadi juara kedua.

Upacara pemberian penghargaan Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional turut dihadiri guru pendamping siswa, perwakilan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Indonesia, serta perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Abdul dan Bernard dijadwalkan berlomba pada Olimpiade Bahasa Jerman Internasional di Dresden, Jerman, 26 Juli hingga 8 Agustus 2020 mendatang.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan dua tahun sekali itu, sebanyak 150 siswa SMA dari 75 negara berkumpul di Jerman untuk memperlihatkan kemampuan berbahasa Jerman. Mereka juga akan berpartisipasi dalam kursus bahasa berdurasi tiga minggu di Jerman.

“Semangat saya untuk belajar bahasa Jerman bertambah lagi karena akan mewakili Indonesia. Persiapan saya untuk Olimpiade Bahasa Jerman tingkat internasional adalah belajar lebih rajin,” kata Abdul.

Sementara itu Bernard mengatakan bahwa dirinya akan mempersiapkan diri dengan sematang-matangnya dalam rangka Olimpiade tingkat internasional yang akan diikutinya tersebut.

“Saya akan membaca kembali materi bahasa Jerman sebagai satu diantara persiapan untuk Olimpiade Bahasa Jerman di tingkat internasional nanti,” ujar Bernard.

Pemenang ketiga dan ke empat diraih Theodora Gracia Marie dan Angela Gladys Devina siswa SMA Santa Ursula BSD, dan pemenang kelima diraih Sandra Imaniar dari SMA Negeri 1 Lawang.

Sedangkan Raden Bagus M. Adryanputra dari SMA Negeri 3 Yogyakarta terpilih sebagai pemenang keenam.

Pemenang ketiga dan keempat akan terbang ke Jerman untuk tinggal bersama keluarga setempat dan mengunjungi sekolah di sana guna memperkaya pengetahuan mereka tentang budaya Jerman. Pemenang kelima dan keenam akan menerima beasiswa mengikuti kursus remaja di Jerman.

Pada Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional tahun 2020 ini, para finalis berusia 15 hingga 17 tahun menjalani ujian keterampilan menulis, mendengarkan, membaca, dan berbicara.

Para peserta memperlihatkan kemampuan mereka dalam memahami siaran radio, menyarikan informasi pokok dari artikel surat kabar atau surat, dan mendiskusikan beragam topik.

Sebelumnya, para finalis telah berhasil melampaui babak penyisihan pada bulan Oktober dan November 2019. Lebih dari 1.000 siswa di seluruh Nusantara mengambil bagian dalam proses seleksi.

Putaran final Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional menjadi forum bagi guru dan pembelajar bahasa Jerman, tempat mereka dapat berkumpul dan bertukar pengalaman dalam belajar bahasa Jerman.

“Dengan berpartisipasi dalam lomba yang adil dan terbuka ini, para guru dapat mengukur kemajuan murid mereka. Hal ini memungkinkan guru bersikap kreatif dalam mencari cara baru untuk mengajarkan bahasa Jerman, agar para siswa semakin terampil,” ujar Zulkarnain, guru bahasa Jerman SMA Ignatius Global School (IGS) Palembang.(tok/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
30o
Kurs