Selasa, 23 April 2024

Peringatan Dini BMKG, Pemkot Surabaya Sebar Personil dan Imbau Warga Tidak Keluar Rumah

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Banjir di Jalan Ahmad Yani, bawah Layang Mayangkara, Surabaya pada Jumat (31/1/2020). Foto: dok./Abidin suarasurabaya.net

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan intensitas sedang sampai tinggi di 26 provinsi pada Minggu (2/2/2020), termasuk di Surabaya, Jawa Timur.

BMKG merinci Surabaya berpotensi diguyur hujan intensitas sedang maupun lebat disertai petir dan angin kencang pada Siang hingga sore hari, juga di malam hari. BMKG Juanda membenarkan ini.

Pemkot Surabaya, dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net mulai menyebar personel gabungan BPB Linmas, Satpol PP, Satgas PU Bina Marga, serta personil DKRTH.

Mereka disebar di titik-titik yang diprediksi masih akan ada terjadi banjir. “Sudah kami lakukan, ada 25-50 personil di setiap titiknya,” kata Eddy Christijanto Kepala BPB Linmas Surabaya.

Titik itu antara lain Jalan Kupang Jaya, HR Muhammad, seputaran Jalan Opak, Wonokromo depan RSI, Ahmad Yani, Margorejo, Bubutan, Gubeng, juga Jalan Semarang dan sekitarnya.

“Beberapa titik yang kemarin tergenang, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan sudah melakukan normalisasi saluran. Jadi, kami berharap, ya, lebih normal lah,” kata Eddy sebagaimana dalam keterangan pers.

Mengutip prakiraan BMKG, Eddy mengatakan, hujan di Surabaya terjadi sekitar pukul 16.00-22.00 WIB. “Arah angin dari Barat ke Timur. Surabaya barat dan selatan mungkin curah hujannya seperti kemarin,” ujarnya.

Mewakili Pemkot Surabaya, Eddy pun mengimbau kepada seluruh warga Kota Surabaya agar pada pada jam-jam yang diperkirakan terjadi hujan oleh BMKG tidak keluar rumah bila memang tidak ada kepentingan mendesak.

“Lebih baik di rumah saja kalau tidak ada kepentingan mendesak. Semoga tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” katanya.

Sebagaimana diketahui, dua hari berturut-turut sejumlah wilayah di Surabaya banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi. Jumat (31/1/2020) kemarin, banjir terjadi di Jalan Ahmad Yani depan RSI Wonokromo.

Saat itu, banjir menggenang selama lebih dari enam jam sampai Sabtu (1/2/2020) tengah malam. Kemarin malam, banjir terjadi di sejumlah wilayah di Surabaya bagian barat.(den/tin/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs