Jumat, 19 April 2024

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Sampai Surabaya Lewat Selatan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Budi Karya Sumadi (kedua kanan) Menteri Perhubungan didampingi Chandra Dwiputra (kiri) Dirut PT KCIC, Edi Sukmoro (kanan) Dirut KAI dan Zhang Wei (kedua kiri) Project Manager CREC meninjau maket lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung di Tegal Luar, Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020). Foto: Antara

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan mengatakan dalam jangka panjang, jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan sampai Surabaya lewat jalur selatan. Sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan transportasi penduduk di Jawa bagian selatan.

“Kalau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini sukses, maka sesuai rencana awal akan bisa berlanjut sampai Surabaya melalui jalur selatan Pulau Jawa,” katanya kepada pers saat meninjau kemajuan pembangunan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung di Rancaekek, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020).

Dalam peninjauan itu, Menhub didampingi antara lain Zulfikri Dirjen Perkeretaapian Kemenhub dan Edy Sukmoro Dirut PT KAI (Persero).

Dikatakan Menhub, pemerintah ingin mengakomodasi alternatif transportasi darat bagi masyarakat di Jawa bagian selatan seperti Garut, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, hingga Solo.

Terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Menhub mengatakan, pemerintah tetap peduli adanya alih teknologi dari China ke Indonesia. Sehingga Indonesia juga bisa mengoperasikan kereta api cepat berteknologi tinggi itu.

“Saya tadi melihat sendiri kalau transfer teknologi sudah dilakukan dan berjalan baik. Itu yang memang Pemerintah Indonesia harapkan,” katanya dilansir Antara.

Terkait adanya ratusan pekerja China yang mengerjakan proyek itu dan saat ini masih berada di China, Menhub mengatakan hal itu tidak menghambat target penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung selesai akhir 2021.

“Tenaga kerja asal Indonesia masih bisa dan banyak yang mampu mengerjakan proyek tersebut. Jadi, tidak ada kendala yang berarti dan saat ini progres sudah mencapai 44 persen,” kata Menhub.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan Proyek Strategis Nasional yang dikerjakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Berdasarkan informasi KCIC, hingga saat ini progres proyek mencapai 43,45 persen dan tengah dikerjakan pembangunan 13 terowongan. Sementara progres pembebasan lahan mencapai 99,96 persen.

Kereta cepat Jakarta-Bandung akan memiliki panjang 142,3 kilometer dengan empat stasiun pemberhentian yakni Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Dari jalur tersebut sebanyak 80 kilometer dibangun secara melayang. Sedangkan sisanya digarap di atas tanah yang di antaranya melalui terowongan yang menembus bukit.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs