Jumat, 29 Maret 2024

Road Show Perdana Pemprov Jatim Soal Perpres 80/2019, Menteri BUMN Siap Mendukung

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim dalam road show ke Kementerian Badan Usaha MIlik Negara (BUMN), Selasa (14/1/2020). Foto: Humas Pemprov Jatim

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubenur Jatim memimpin rombongan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim dalam road show ke Kementerian Badan Usaha MIlik Negara (BUMN), Selasa (14/1/2020).

Erick Thohir Menteri BUMN menemui secara langsung rombongan Pemprov Jatim di kantornya, Selasa (14/1/2020) malam, berbincang tentang percepatan pembangunan ekonomi di kawasan Gerbangkertosusila, BTS, Selingkar Wilis, dan Lintas Selatan.

Dalam pertemuan itu Emil menyampaikan, sesuai instruksi Joko Widodo Presiden, percepatan pembangunan di dalam Perpres 80/2019 bukan hanya sebuah daftar proyek yang harus dikerjakan, tetapi lebih kepada pertumbuhan ekonomi.

Emil berharap dukungan dari Kementerian BUMN sehingga 218 proyek Perpres 80/2019 yang telah ditandatangani presiden bisa terealisasi dan memberikan dampak positif pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur dan nasional.

Sebagai gantinya, Emil memastikan Pemprov Jatim sangat siap mendukung program dan proyek nasional yang akan masuk ke Jawa Timur. Salah satunya berkaitan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Banyaknya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur, kata Emil, menunjukkan bahwa Jawa Timur siap kedatangan proyek berbasis petrochemical. Sumber daya manusia di Jatim memiliki potensi tersendiri.

Mantan Bupati Trenggalek itu meyakinkan kembali bahwa perekonomian Jatim adalah kedua yang terbesar di Indonesia. Percepatan pembangunan di Jatim akan berdampak signifikan terhadap perekonomian nasional.

“Apapun kegiatan BUMN di Jawa Timur, kami siap menjadi stakeholder, mitra, bahkan champion untuk mendukung suksesnya program BUMN yang ada,” janjinya di hadapan Erick Thohir.

Erick menyampaikan dukungan. Dia akan segera menggelar pertemuan lanjutan bersama jajaran BUMN terkait Perpres 80/2019. “Kalau sudah pernah dibicarakan, baru kami cek posisi masing-masing BUMN,” ujarnya.

Melalui pertemuan lanjutan itu, dia berharap seluruh BUMN memastikan kesiapannya untuk mendukung proyek prioritas di Jatim. Baik dalam hal pendanaan sampai kerangka atau konsep detail yang akan dikerjakan.

“Jangan sampai kita bikin proyek yang nantinya tidak bisa berkelanjutan,” kata pria yang telah banyak berkiprah sebagai pengusaha media massa dan bidang perusahaan lainnya.

Selain berkoordinasi dengan Kementerian BUMN, Pemprov Jatim juga berencana road show ke beberapa Kementerian lain selama sepekan ini. Tujuannya untuk memastikan dukungan percepatan proyek Perpres 80/2019 dari pemerintah pusat.

Hari ini, Rabu (15/1/2020), rombongan Pemprov Jatim yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa Gubernur akan berkunjung dan berkoordinasi dengan Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Kementerian Koordinator Perekonomian.(den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs