Jumat, 26 April 2024

Sampah dan Eceng Gondok Kali Buntung dan Sinir Bisa Bikin Juanda Banjir

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tim Posko Siaga Darurat Bencana Jatim bersihkan sampah dan eceng gondok dari Kali Buntung di bawah Layang Waru, Sidoarjo pakai eskavator long hand, Selasa (21/1/2020) malam. Foto: Denza suarasurabaya.net

Sudah dua hari ini Tim Gabungan Posko Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi Jatim bersih-bersih Kali Buntung dan Kali Sinir yang melintasi sejumlah wilayah di Kabupaten Sidoarjo.

Selasa (21/1/2020) malam, Tim Gabungan BPBD Jatim, Marinir, juga sejumlah relawan di lingkup Kabupaten Sidoarjo maupun Provinsi Jatim berjibaku membersihkan Kali Buntung di bawah Layang Waru.

Alat berat jenis eskavator long hand milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas dikerahkan untuk mengambil sampah dari sungai yang berada di sisi barat bawah Layang Waru arah Surabaya.

Karena sempitnya akses jalan untuk menempatkan alat berat inilah pembersihan sungai ini harus dilakukan pada malam hari. Karena pada pagi atau siang hari, lalu lintas di lokasi ini tidak pernah sepi kendaraan.

Khofifah Gubernur Jatim dan Nur Ahmad Syaifuddin Plt Bupati Sidoarjo menyaksikan pembersihan Kali Buntung, Selasa (21/1/2020) malam. Foto: Denza suarasurabaya.net

Saat pelaksanaan pembersihan, pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup akses u-turn ke arah Surabaya untuk sementara waktu, demi menghindari kepadatan.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyaksikan langsung proses pembersihan Kali Buntung di lokasi, didampingi Nur Ahmad Syaifuddin Plt Bupati Sidoarjo.

Setidaknya, lebih dari tujuh ton sampah plastik dan eceng gondok yang berhasil diangkut keluar dari sungai ini lalu dibawa ke tempat penimbunan di Tambak Oso, Waru, Sidoarjo dengan sejumlah dump truk.

Khofifah mengatakan, kegiatan bersih-bersih kali ini terutama untuk mengantisipasi terjadinya banjir akibat hujan intensitas tinggi, yang diperkirakan bisa berdampak sampai ke Juanda.

“Ini berawal dari Prof. Dr. Syamsul Maarif (Kepala BNPB pertama, 2008-2019) yang menyampaikan, kalau intensitas hujan tinggi ada indikasi yang harus diwaspadai, banjir sampai ke juanda,” ujarnya.

Banjir di Juanda, termasuk di Bandara, akan terjadi kalau beberapa titik aliran sungai tersumbat. Antara lain Kali Buntung dan Kali Sinir. “Ini yang beliau memberikan warning secara khusus,” kata Khofifah.(den)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs