Jumat, 19 April 2024

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri se Indonesia, Dibuka

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelaksnaaan tes masuk perguruan tinggi di Kota Surabaya. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

42 Politeknik Negeri se Indonesia resmi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dalam Peresmian SNMPN 2020 yang dihelat di Politeknik Negeri Jakarta, Depok Jakarta, Senin (6/1/2020).

Jalur seleksi ini merupakan satu diantara jalur yang dari tahun ke tahun makin meningkat pesertanya dan diminati oleh siswa SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta. Meski awalnya jalur ini dikenal dengan sebutan PMDK PN (sejak 2014 lalu, red), tahun ini Forum Direktur Politeknik Negeri se Indonesia (FDPNI) mengganti istilahnya menjadi SNMPN.

“Pertahun ini istilah PMDK PN dirubah menjadi SNMPN. Namun mekanisme dan proses seleksi tetap sama seperti PMDK PN. Pendaftarannya juga on line,” terang Dr. Zainal Arief, ST, MT, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik se Indonesia.

Jalur SNMPN, lanjut Zainal Arief merupakan seleksi Jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta, siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. “Selain prestasi akademik, prestasi lainnya yang non akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut,” lanjut Zainal.

Pendaftaran calon peserta, siswa melalui jalur SNMPN ini tidak dikenakan biaya sepeser pun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah.

Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta, siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

“Kami ingin membantu pemerintah dengan memberikan akses yang luas agar siswa-siswa berprestasi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Zainal.

Sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah.

Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on line. Pendaftaran dibuka mulai Senin (6/1/2020) sampai dengan 6 Maret 2020, dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini.

Tersedia ratusan program studi yang tersebar pada 42 politeknik negeri di Indonesia yang dapat dipilih oleh siswa melalui seleksi ini.

“Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi telah terbuka lebar. Dan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Jangan hanya mengandalkan jalur seleksi PTN Akademisi saja, jalur seleksi PTN Vokasi seperti SNMPN juga dapat dipertimbangkan. Ke depan, selepas seleksi ini, Politeknik se Indonesia masih membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis yaitu Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020,” pungkas Zainal Arief.(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs