Kamis, 28 Maret 2024

Senat AS Mulai Sidangkan Pemakzulan Trump

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Donald Trump Presiden Amerika Serikat. Foto: Reuters

Sidang pemakzulan di Senat, untuk menentukan apakah Donald Trump Presiden Amerika Serikat akan dicopot, secara resmi dimulai pada Kamis (16/1/2020).

Sidang dilangsungkan saat badan pengawas kongres menganggap bahwa Gedung Putih telah melanggar hukum dengan menahan bantuan keamanan bagi Ukraina, yang sudah disetujui Kongres.

Adam Schiff dari Demokrat, yang memimpin tim beranggotakan tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang akan akan bertindak sebagai jaksa, hadir di ruangan Senat untuk membacakan dua dakwaan yang disahkan oleh DPR pada 18 Desember.

Menurut dua dakwaan itu, Trump telah menyelewengkan kekuasaan serta merintangi Kongres dalam menjalankan tindakan terkait Ukraina.

Sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts.

Senate diperkirakan akan membebaskan Trump karena sejauh ini tidak ada satu pun dari 53 anggota asal Partai Republik yang mengutarakan dukungannya bagi pemecatan Trump.

Trump bisa dipecat jika mayoritas dua-pertiga anggota menyatakan setuju.

Trump telah membantah melakukan kesalahan dan menyebut proses pemakzulan itu sebagai kebohongan.

Pernyataan-pernyataan pembuka dijadwalkan akan dimulai pada Selasa.

Penyalahgunaan kekuasaan, yang disebutkan dalam pasal pemakzulan yang disahkan DPR, itu termasuk berupa tindakan Trump menahan bantuan keamanan senilai 391 juta dolar AS (sekitar Rp5,3 triliun) bagi Ukraina.

Penahanan dana itu, menurut Demokrat, ditujukan untuk menekan Kiev agar menyelidiki saingan politik Trump, Joe Biden, yang kemungkinan akan jadi kandidat presiden dari Demokrat untuk menghadapi Trump pada pemilihan presiden 3 November.

Kongres telah menyetujui pendanaan itu guna membantu Ukraina memerangi separatis dukungan Rusia. Dana itu sudah disediakan pada September setelah perdebatan itu muncul ke publik. Demikian dilansir Antara.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs