Kamis, 25 April 2024

Sidak ke Waduk Pluit, Jokowi Periksa Peralatan Penanganan Banjir

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden pada Jumat (3/1/2020) pagi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Waduk Pluit, Jakarta Utara. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Jumat (3/1/2020), melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Waduk Pluit, Jakarta Utara, untuk memastikan semua alat penanganan banjir di waduk tersebut berfungsi secara optimal.

Tiba sekitar pukul 08.55 WIB, Presiden langsung memeriksa sejumlah alat berat yang bersandar di sisi Waduk Pluit.

“Ini (alat) enggak jalan?” tanya Presiden kepada operator alat berat yang ada di lokasi.

“Sedang off (berhenti) dulu, Pak,” jawab seorang operator.

Sesudah berdialog sebentar dengan operator alat berat, Presiden Paspampres langsung menuju salah satu rumah pompa Waduk Pluit.

Di situ, Jokowi Presiden kembali berdialog dengan salah seorang petugas.

Mengetahui mesin pompa dalam kondisi baik, Presiden mengacungkan jempolnya.

Kemudian, Presiden kembali ke Istana Kepresidenan Jakarta pukul 09.15 WIB.

Di tempat terpisah, Basuki Hadimuljono Menteri PU dan Perumahan Rakyat mengatakan, sidak Presiden tersebut merupakan langkah yang tepat.

“Presiden tentunya ingin memastikan Waduk Pluit yang berfungsi sebagai tampungan sementara yang masuk dari Kali Cideng (termasuk Kali Pakin dan Kali Jelangkeng), anak Kali Ciliwung (Kali Besar) dan saluran drainase sekitarnya dapat beroperasi dengan normal,” ucap Basuki.

Selain itu, waduk tersebut dilengkapi dengan pompa yang fungsi utamanya memompa air dari Waduk Pluit ke laut pada saat kondisi banjir dan pasang air laut (rob).

Basuki juga menjelaskan, daya tampung Waduk Pluit adalah 3,29 juta m3 yang dilengkapi dengan 3 rumah pompa berkapasitas total 49 m3/detik.

“Daerah yang dilayani Waduk Pluit seluas 2080 hektare, termasuk di dalamnya pusat kegiatan ekonomi dan pemerintahan (Monas, Pasar Baru, Mangga Dua, Duri, Kota). Waduk Pluit menjadi bagian sistem tata air pada kawasan sekitar Istana,” ucap Basuki.

Sekadar informasi, pengoperasian Waduk Pluit adalah tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Waduk Pluit selesai dibangun tahun 1973, sedangkan pompanya mulai dibangun tahun 1978 dan selesai 1984. Rehabilitasi terakhir selesai dilaksanakan tahun 2014.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs