Jumat, 3 Mei 2024

Suara Surabaya Berkunjung ke BPBD Jatim, Belajar Kesiapsiagaan Bencana

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kru Suara Surabaya Media saat berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Selasa (14/1/2020). Foto: Denza suarasurabaya.net

Sebanyak 20 orang kru Suara Surabaya Media berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Selasa (14/1/2020).

Sejumlah elemen penanggulangan bencana selain BPBD baik dari TNI, Polri turut menyambut Tim Suara Surabaya Media.

Suban Wahyudiono Kepala Pelaksana BPBD Jatim mengucapkan selamat datang. Dia menyambut kedatangan Suara Surabaya bersama Alwi Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Iman Dwi Hartanto Manajer Divisi On Air dan Pemberitaan Radio Suara Surabaya menyampaikan tujuan kunjungan ini. Tim Suara Surabaya ingin belajar kaitannya dengan status Siaga Bencana Hidrometeorologi yang diputuskan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim sejak Desember 2019 kemarin.

Iman mengatakan, kedatangan tim juga untuk mengetahui peran media dalam posisi siaga bencana hidrometeorologi di Jawa Timur.

Suban selaku kepala pelaksana BPBD Jatim menjelaskan, penanganan bencana di Jatim harus dilakukan secara pentahelix dan menyeluruh melibatkan berbagai elemen. Baik Pemerintah, akademisi, masyarakat, dunia usaha juga harus terlibat. Termasuk media yang akan berperan dalam hal sosialisasi juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

Suban menjelaskan tentang 12 potensi bencana di Jatim. Bencana Hidrometeorologi di Jatim seperti banjir, longsor dan juga angin kencang sudah terjadi belakangan ini.

Suban sempat menyampaikan, di masa siaga ini Kantor BPBD menjadi pusat koordinasi.

Dia sebagai kepala pelaksana mengaku semakin jarang memakai baju batik.
Lebih sering memakai baju lapangan karena tuntutan kesiapsiagaan terjun ke lapangan. (den/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs