Jumat, 26 April 2024

Tinjau JLS Malang Selatan, Khofifah Usulkan Nama Jembatan di Jurang Mayit

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim meninjau perkembangan pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Lot 9 di Kabupaten Malang bagian selatan, Sabtu (25/1/2020). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim meninjau perkembangan pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Lot 9 yang melintasi sejumlah pantai di Kabupaten Malang bagian selatan, Sabtu (25/1/2020).

Pembangunan JLS Lot 9 yang sudah dimulai sejak Juli 2019 lalu itu ditargetkan tuntas 2022 mendatang. Tidak hanya melihat langsung progres pembangunan jalan, Khofifah juga menyusuri pantai.

Menumpang mobil Jeep, Khofifah menyusuri jalanan off-road melewati Pantai Kondang Iwak, Pantai Kondang Merak, Pantai Balekambang, sampai ke Pantai Bajulmati.

Jeep yang ditumpangi Khofifah melewati beberapa perbukitan yang dibuka sebagai jalur dan masih dalam proses pemadatan. Meski menantang, dia mengaku menikmati perjalanan itu.

Dia bilang, pantai-pantai yang akan dilewati JLS Lot 9, keindahannya luar biasa. Pantai Kondang Iwak, misalnya, punya keunikan hamparan pasir besinya yang berkilauan saat terkena sinar matahari.

“Keindahan pantai ini sangat luar biasa. Ini destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan. Makanya, sambil menunggu penyelesaian JLS, ada beberapa infrastruktur pantai yang perlu dibenahi,” katanya.

Selama ini, letak pantai-pantai itu memang tergolong susah dijangkau. Khofifah ingin memastikan, dua tahun lagi akses ke lokasi pantai-pantai itu akan semakin mudah dengan adanya JLS Lot 9.

Setelah berkunjung ke Pantai Bajulmati Khofifah juga meninjau pembangunan jembatan penghubung di Jurang Klampok, Bantur, yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Jurang Mayit.

Khofifah berharap jembatan di Jurang Mayit itu bisa segera tuntas tahun ini supaya akses wisatawan dari dan ke Pantai Sendang Biru Pulau Sempu bisa lebih cepat dan aman.

“Saya nanti mau usul, kalau jembatan ini sudah selesei terbentang, nama jembatan ini jangan menggunakan nama Jembatan Mayit, tetapi Jembatan Sumber Bahagia,” selorohnya.

Mantan Menteri Sosial ini pun tidak luput menyampaikan pesan kepada para wisatawan agar selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dia sudah menyampaikan harapan agar Pemkab Malang memperbanyak jumlah tempat sampah di sekitar pantai. “Mari kita jaga kebersihan pantai. Mari kita sayangi pantai,” katanya.

Sepanjang perjalanan peninjauan JLS Lot 9 ini, Khofifah didampingi Sekda Provinsi Jatim dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Jatim. Sanusi Bupati Malang bersama tokoh Forkopimda Kabupaten Malang pun turut serta.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs