Sabtu, 27 April 2024

WHO Resmi Menamai Virus Corona Covid-19

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi

WHO Organisasi Kesehatan Dunia secara resmi memberikan nama baru untuk novel coronavirus yang merebak dari Wuhan, Cina. WHO merilis nama Covid-19 untuk virus ini.

Tedros Adhanom Ghebreyesus Dirjen WHO mengumumkan ini saat konferensi pers di Jenewa, Swiss, dikutip Antara, Selasa (11/2/2020) waktu setempat. Nama ini adalah singkatan, merujuk pada penyakit yang diakibatkan virus yang ditemukan 2019.

Covid-19 adalah akronim. CNBC Indonesia melansir “Co” merujuk pada “corona”, “vi” untuk “virus” dan “d” untuk “disease/penyakit”. Sementara angka “19” yang ada di belakang nama merujuk pada tahun penemuannya.

Menurut WHO, penamaan tersebut harus menghindari stigmatisasi apa pun yang merujuk pada lokasi geografis tertentu. Baik hewan, nama individu, spesies hewan, budaya, populasi, industri atau pekerjaan.

Sebab itulah nama Covid-19 ini dipilih untuk merujuk pada virus yang kini telah menyebabkan lebih dari 1.000 orang meninggal, terbanyak di Cina, dan sebanyak lebih dari 43 ribu orang di seluruh dunia.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs