Senin, 30 November 2020

Anak-anak Perlu Edukasi Masuki New Normal Pasca Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rachel Olsen, Nutrition Expert yang mengingatkan pentingnya anak-anak juga diberikan edukasi hal baru hidup sehat di era new normal. Foto: Humas

Memasuki era new normal, anak-anak juga dipastikan wajib mempelajari hal baru terkait pandemi Covid-19. Orang tua perlu untuk mengajari kebiasaan sehat baru kepada anak-anak.

Rachel Olsen, Nutrition Expert Youvit gummy multivitamin, Kamis (2/7/2020) mengatakan bahwa hal dasar yang bisa dibiasakan untuk sang buah hati atau anak-anak adalah melalui makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

“Makanan sehat yang dikonsumsi anak-anak bukan hanya bagus untuk pertumbuhan mereka, tetapi juga bisa memberikan imunitas yang dibutuhkan untuk melawan beragam penyakit yang ada di sekitar mereka,” terang Rachel Olsen.

Menghadapi era new normal, dan mengajak anak-anak membiasakan diri di new normal, Rachel memberikan beberapa tips sederhana bagi para orang tua dan dapat diaplikasikan selama berada di rumah.

Orang tua, terang Rachel sebaiknya selalu memberikan contoh makan yang sehat selama di rumah. Anak-anak lama kelamaan akan mengikuti kebiasaan ini. “Coba juga untuk menyiapkan makanan sehat bersama si kecil. Dengan metode ini, mereka akan lebih bangga dan semangat untuk makan, karena mereka terlibat dalam proses pembuatan makanan sehat itu,” tambah Rachel.

Bisa juga dilakukan orang tua dengan menggunakan metode sapere, yaitu: sebuah langkah mengajarkan hal baru tentang makanan menggunakan indera penciuman, rasa, sentuhan, pengelihatan dan pendengaran.

“Dengan metode sapere ini, bukan hanya anak yang belajar mengenali makanannya, tetapi orang tua jadi lebih tahu tentang respon buah hati mengenai makanan tertentu. Sehingga orang tua bisa mencoba alternatif cara memasak dan opsi makanan sehat yang disukai oleh anak-anak,” ujar Rachel.

Sedangkan untuk menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan (picky eater), Rachel mengingatkan orang tua sebaiknya jangan putus asa. “Dari catatan penelitian, anak perlu 15 kali mencoba sebelum akhirnya mereka benar-benar memutuskan suka atau tidak suka terhadap makanan tertentu. Orang tua diharapkan dapat mengkreasikan menu yang berbeda selama prosesnya,” kata Rachel.

Yang juga tidak kalah penting, lanjut Rachel adalah membiasakan anak-anak untuk mau mengonsumsi multivitamin, agar kebutuhan vitamin dan mineral mereka terpenuhi dengan maksimal.

Yang terakhir, lanjut Rachel adalah usahakan selalu makan bersama anak-anak di meja makan. “Selain orang tua bisa membangun kedekatan, metode ini sangat berguna untuk memantau mereka untuk makan sesuai porsi dan tidak terganggu dengan aktifitas yang membuat mereka melupakan makanan mereka,” tegas Rachel.

Rachel juga menyarankan untuk mengajari kebiasaan esensial lain selama new normal. Kebiasaan cuci tangan lebih sering daripada biasanya, lalu minta anak-anak untuk selalu memakai masker saat beraktifitas di luar rumah. “Kebiasaan baru yang butuh dilatihkan pada anak-anak. Seperti pakai masker saat di luar rumah, juga mencuci tangan,” pungkas Rachel, Kamis (2/7/2020).(tok/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Senin, 30 November 2020
26o
Kurs