Sabtu, 27 April 2024

Belasan Dosen dan Tenaga Pendidik Terkonfirmasi Covid-19, UNEJ Agresif Lakukan Pencegahan Penularan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Universitas Jember. Foto: Unej

Universitas Jember (UNEJ) melalui Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Corona Virus Desease TTDKB Covid-19 Universitas Jember, secara agresif melakukan berbagai kegiatan untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini untuk menyikapi kondisi terakhir di Universitas Jember dengan adanya dosen dan tenaga kependidikan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mulai tanggal 18 sampai dengan 22 November 2020 akan dilaksanakan sterilisasi di Kantor Pusat dan beberapa unit kerja lain. Sterilisasi yang dilakukan adalah dengan penyemprotan Disinfektan dan menggunakan sinar Ultra Violet (UV).

Menurut dr. Cholis Abrory Ketua TTKDB Covid 19 penggunaan disinfektan ini adalah untuk mensterilkan benda mati yang kemungkinan terpapar virus. Sedangkan penggunaan UV ini lebih pada mensterilisasi udara di dalam ruangan.

“Karena sinar UV ini bisa berefek negatif pada manusia maka selama penggunaan sinar UV seluruh ruangan harus dikosongkan, untuk itu kami merekomendasikan selama masa sterilisasi tenaga kependidikan bisa bekerja dari rumah” kata dr. Cholis berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Selain kegiatan sterilisasi TTDKB Covid-19 Universitas Jember juga melakukan tracing terhadap para dosen dan tenaga kependidikan yang pernah berhubungan secara langsung dengan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami melakukan tracing kepada para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Jember. Dalam tracing ini kami menganalisis keadaan masing-masing civitas dan menentukan penatalaksanaan lanjutan yang tepat bagi masing – masing civitas,”

“Pada kluster besar kami melakukan skrinning cepat dengan melakukan pemeriksaan pemeriksaan rapid SARS COV2, dari hasil Rapid yang reaktif dan atau berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi kami lakukan pemeriksaan swab-RT PCR SARS COV2. Selain itu, di beberapa unit kerja kami melakukan tracing terarah dengan melakukan pemeriksaan swab-RT PCR SARS COV2 pada civitas dengan kontak erat yang dengan disertai atau tanpa gejala,” tambah dr. Cholis.

Sampai dengan berita ini diturunkan sudah lebih dari 350 orang yang telah ditracing, 17 orang terkonfirmasi positif dan dua orang meninggal.

Tidak sampai disitu, TTDKB Covid-19 Universitas Jember juga melakukan pendampingan bagi warga Universitas Jember yang terkonfirmasi positif Covid-19 ataupun yang membutuhkan pendampingan untuk pencegahan.

“Kami melakukan Telemedicine bagi mereka yang membutuhkan konsultasi kesehatan khususnya bagi semua civitas utamanya mereka yang sudah terkonfirmasi positif. Selain itu kami juga selalu terbuka untuk memberikan saran dan pendampingan bagi civitas akademika di Universitas Jember terkait dengan upaya pencegahan penularan Covid-19,” ujarnya. (tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs