Jumat, 29 Maret 2024

Benarkah Efek Samping Vaksin Covid-19 Disebut Mirip Gejala Covid-19?

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Sementara ini, baru ada penelitian pendahuluan tentang efek samping keamanan vaksin Covid-19 dari Pfizer dan Moderna. Namun secara keseluruhan, vaksin Pfizer dikatakan aman, begitu juga dengan vaksin dari Moderna yang menunjukkan tidak ada masalah keamanan yang serius.

Meskipun demikian, seperti vaksinasi lainnya, Anda dapat mengalami beberapa efek samping dari vaksin Covid-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menyebut efek ini antara lain nyeri dan bengkak di lokasi suntikan, demam, menggigil, lelah dan sakit kepala.

“Efek samping vaksin Covid-19 lainnya mungkin termasuk nyeri otot dan nyeri sendi, Dari apa yang kami ketahui, sebagian besar efek samping kemungkinan besar akan muncul dalam satu atau dua hari pertama setelah menerima vaksin, tetapi mungkin berpotensi muncul kemudian,” kata Thad Mick wakil presiden program farmasi dan layanan diagnostik di ZOOM+Care, yang dilansir Antara, Kamis (17/12/2020).

Jika efek samping ini disebut sangat mirip dengan gejala Covid-19, itu karena pada dasarnya memang demikian. Vaksin tersebut merangsang sistem kekebalan untuk melawan virus, menurut Richard Pan dokter anak di California.

Dia menegaskan, hal itu tidak berarti vaksin Covid-19 dapat memberi Anda Covid-19 karena mRNA dari vaksin tidak secara permanen mempengaruhi sel di dalam tubuh.

Sebaliknya, mRNA itu hanyalah cetak biru sementara dari lonjakan protein yang terletak di permukaan virus.

“Cetak biru ini sangat rapuh, oleh karena itu vaksin harus disimpan dalam suhu yang sangat dingin sebelum digunakan,” kata Pan.

Tubuh pada akhirnya menghilangkan cetak biru itu setelah Anda divaksinasi, tetapi antibodi yang Anda kembangkan sebagai respons akan tetap ada.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs