Sabtu, 27 April 2024

Beri Contoh Langsung, Sebelum Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kometes Purnamasari berwisata bersama putera puterinya. Foto dibuat sebelum pandemi Covid-19. Foto: IG Kometes Purnamasari

Memberi contoh langsung dipilih Kometes Purnamasari, untuk mengingatkan putera-puterinya tentang pentingnya tetap patuh dan melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dilakukan secara tertib dan rutin oleh Kometes, saat akan beraktivitas di luar rumah. “Dan itu memang kami lakukan, sejak awal terjadinya pandemi Covid-19 di negeri ini. Kami harus patuh dan menjaga diri sendiri,” terang Kometes surveyor pada kantor Lembaga Survey Independen di Provinsi Bengkulu.

Ditambah semakin meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia temasuk di Bengkulu, menjadikan Kometes lebih memilih semakin rutin mengontrol 3 putera puterinya untuk tetap melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan, terutama saat beraktivitas di luar rumah, meskipun saat ini mereka lebih banyak melaksanakan aktivitas di rumah.

Puteri pertama Sari sapaan Kometes Purnamasari, sudah kuliah dan punya banyak aktivitas di luar rumah yang mau tidak mau harus tetap dilakukan meskipun tidak sesering sebelum terjadinya pandemi. “Karena itu kami pilih untuk memberikan contih langsung pada mereka,” kata Sari.

Sebelum keluar rumah, lanjut Sari, kepada anak-anaknya Sari mengingatkan agar tidak lupa dengan protokol kesehatan. Termasuk membekali anak-anaknya dengan masker cadangan dan hand sanitizer masing-masing. “Kalau sebagai orang tua, kami sendiri tidak memberikan contoh langsung, kayaknya anak-anak juga akan bertanya-tanya,” ujar Sari.

Pernah suatu kali, saat akan beraktivitas di luar rumah, Sari lupa memakai masker. Puteri bungsunya langsung menghadang sang Ibu keluar dari pintu rumah. Karena terburu-buru, hampir saja Sari marah kepada sang puteri. Sesaat kemudian puteri bungsunya membuat tanda dibagian mulutnya dengan telapak tangannya, Sari terkejut. Lupa dengan maskernya.

“Karena terburu-buru, hampir saja marah. Tapi batal lantaran Dey (nama puteri bungsunya) mengingatkan bahwa masker belum terpasang pada tempatnya sebelum keluar meninggalkan rumah. Karena itu, kami masing-masing dengan tertib dan patuh melaksanakan protokol kesehatan itu, kami juga saling mengingatkan,” kenang Sari.

Tidak jarang, Sari bersama ketiga putera-puterinya juga mendiskusikan tentang bahaya Covid-19 sebelum mereka tidur atau melakukan aktivitas bersama. “Yang penting diingatkan terus, tetapi sekaligus orang tua juga memberikan contoh langsung. Ini penting,” tegas Sari.

Karena berbagai informasi tentang apapun termasuk soal Covid-19 bisa diunduh lewat internet, dan Sari sebagai orang tua memang memberikan keleluasaan bagi putera puterinya memanfaatkan fasilitas itu, tetapi Sari juga tidak ingin mereka menelan mentah-mentah semua informasi yang mereka baca, sesekali Sari memang mengajak anak-anak nya berdiskusi.

“Kalau mereka tidak paham, jangan dibiarkan. Selain memberikan contoh langsung tentang protokol kesehatan, anak-anak juga butuh mendapat penjelasan dan pemahaman tentang apa saja seperti Covid-19. Karena itu, anak-anak juga wajib mendapatkan contoh langsung dari orang tua, sebelum mengingatkan apa yang harus dilakukan saat pandemi ini,” pungkas Sari, Jumat (2/10/2020).(tok/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs