Jumat, 29 Maret 2024

BMKG Prediksi Terjadi Hujan Lebat di Jatim, Dampak Siklon Tropis Mangga

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sikon Tropis "Mangga". Foto: Citra Satelit BMKG pada 21 Mei 2020 19.30 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta, memprediksi terjadinya hujan lebat dan angin kencang di Jawa Timur dan sebagian daerah lain di Indonesia, dampak dari sikon tropis “Mangga” di Samudra Hindia sebelah barat daya Bengkulu, selama 24 jam sejak terdeteksi pada Kamis (21/5/2020) kemarin pukul 19.00 WIB.

“Siklon tropis ‘Mangga’ diprakirakan menguat dalam 24 jam kedepan dengan pergerakan ke arah Tenggara-Selatan menjauhi wilayah Indonesia,” tulis Herizal PLT Deputi Bidang Meteorologi BMKG dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (22/5/2020).

Berdasarkan analisis BMKG, siklon tropis Mangga berada di 9.8 lintang selatan dan 93.0 bujur timur atau sekitar 1220 km barat daya Kerinci. Saat ini siklon tropis tersebut memiliki tekanan udara minimum di pusatnya sebesar 998 hPa dengan kecepatan angin maksimum berkisar antara 35 knot.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada, karena selain hujan lebat dan angin kencang, BMKG melihat potensi gelombang laut dengan ketinggian lebih dari 3 meter akibat dampak dari siklon ini.

Selain Jawa Timur, beberapa daerah lain yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan angin kencang diantaranya Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Sedangkan untuk potensi gelombang tinggi diprakirakan terjadi di wilayah perairan barat Kepulauan Nias hingga barat Mentawai, Perairan Bengkulu-Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa, dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga selatan NTB.

“Sehingga nelayan dan kapal yang melintas dihimbau untuk waspada dan berhati-hati,” tambahnya.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs