Rabu, 25 November 2020

BMKG: Waspadai Angin Kencang di Surabaya dan Sekitarnya Sampai Tiga Hari Kedepan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi hujan disertai petir dan angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Juanda meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada akibat angin kencang yang diperkirakan terjadi dalam satu sampai tiga hari ke depan.

Agatha Mayasari, Prakirawan BMKG Juanda saat dihubungi suarasurabaya.net menjelaskan, fenomena angin kencang yang terjadi di Surabaya sepanjang hari ini karena ada tarikan pengaruh tidak langsung dari Siklon Tropis Nangka di sebelah timur Filipina.

“Dari catatan kami tadi sekitar jam 12 siang kecepatan anginnya sampai 23 knot atau 46 km/jam. Sekarang sudah menurun, sekitar 12-15 knot,” kata Agatha, Selasa (13/10/2020) sore.

Ninik, pengakses Suara Surabaya Media berbagi informasi melalui WhatsApp Suara Surabaya siang tadi merasakan kecepatan angin yang tidak seperti biasa.

“Tambahan angin sangat kencang pas tengah suramadu…sampe mobil terasa nyetir agak berat dn goyang…ktk di tengah tengah jembatan suramadu…ati ati saja dn salam selat”

Ditambahkan oleh Agatha, kecepatan angin dikatakan kategori ekstrim apabila di atas 20 knot. Meskipun kecepatan angin tidak sekencang siang tadi, tapi tetap membutuhkan kewaspadaan ekstra, terutama bagi pengendara jalan yang melintas dekat baliho atau pohon.

“Baliho atau pohon yang diwaspadai. Yang rapuh perlu ditebang,” imbuhnya.

Sedangkan untuk prakiraan hujan, Agatha menjelaskan kemungkinan turun hujan di Surabaya hari ini kecil.

“Karena anginnya kencang, potensi untuk pertumbuhan awan hujannya kecil. Kecil kemungkinan hujan turun,” tutupnya. (dfn/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
34o
Kurs