Selasa, 19 Maret 2024

Bulan Bahasa dan Sastra 2020 Digelar Secara Daring

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pada even ini, peserta punya kesempatan memilih jenis-jenis lomba, diantaranya lomba Majalah Dinding atau lomba Bahasa Inggris. Untuk lomba majalah dinding para peserta diharapkan mampu menyampaikan ide-ide bahkan pemikiran-pemikiran tentang kepedulian pada kesehatan mental.
(Foto: Totok suarasurabaya.net)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan kembali menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra 2020, yang diselenggarakan secara daring.

“Kemendikbud pada tahun ini, kembali menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 di tengah keterbatasan, yang mana pada tahun ini diselenggarakan secara daring,” kata Endang Aminudin Aziz Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud, dalam pembukaan acara secara daring, Rabu (28/10/2020).

Dia menambahkan, pihaknya mengapresiasi banyak pihak yang menaruh perhatian begitu besar pada pengembangan bahasa dan sastra di daerah. Pelaksanaan Bulan Bahasa dan Sastra itu bertujuan untuk menunjukkan kekhasan dan keunikan serta keunggulan yang dapat ditemui di Tanah Air.

“Ini merupakan anugerah terbesar untuk bangsa ini yang dapat dinikmati bersama-sama dan kita dapat semakin menghargai kebhinekaan yang ada,” tuturnya, dilansir Antara.

Bulan Bahasa dan Sastra 2020 mengangkat tema “Berbahasa untuk Indonesia Sehat”.

“Kata sehat dipilih untuk menggambarkan keadaan yang diinginkan oleh bangsa kita, yaitu bangsa yang sehat,” ucapnya.

Berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan diselenggarakan untuk meramaikan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 bernama Menjalin Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersebut merupakan ajang berkarya atau berekspresi, ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia, dan ajang perlombaan bagi masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan, di antaranya adalah penghargaan media massa, lomba mendongeng bagi penyandang disabilitas netra, lomba cerdas mengulas buku, festival virtual pembacaan naskah lakon, lomba animasi Trigatra Bangun Bahasa, pesan pujangga, simulasi dan pelayanan kebahasaan dan kesastraan, lomba debat antarmahasiswa, dan bedah buku bahasa dan sastra.

Dalam kesempatan itu, Endang menyampaikan penyelenggaraan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 itu menjadi tonggak bagi Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan agar menjadi lembaga yang bermartabat, bermanfaat bagi masyarakat dan menjunjung nilai profesionalisme. (ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
28o
Kurs