Sabtu, 27 April 2024

Calon Penumpang Kapal Situbondo-Madura Jalani Rapid Test

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Calon Penumpang kapal feri di Pelabuhan Jangkar Situbondo, dites cepat oleh tim medis dari Pelindo III, Kamis (28/5/2020). Foto: Antara

Calon penumpang kapal di Pelabuhan Penyeberangan Situbondo-Madura menjalani rapid test atau tes cepat, Kamis (28/5/2020).

Dahri Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya mengatakan, pelaksanaan tes cepat massal itu dilakukan menyusul adanya lima orang dari Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, yang terpapar virus corona (Covid-19) dan saat ini sedang dikarantina.

“Di Kalianget ada lima orang yang terpapar Covid-19, dan yang bersangkutan itu pulang dari Bali dan Surabaya,” ujar Dahri, di sela meninjau kegiatan tes cepat massal penumpang kapal di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, dilansir Antara, Kamis (28/5/2020).

Kegiatan tes cepat massal gratis itu, kata Dahri, merupakan kerja sama KSOP IV Panarukan dan Pelindo III serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Situbondo, untuk mencegah potensi penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Sesuai perintah Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, katanya, bagi setiap calon penumpang dari Pulau Jawa yang akan menyeberang ke beberapa kepulauan di Madura, harus dilakukan tes cepat demi memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19).

“Tes cepat ini merupakan salah satu persyaratan bagi seluruh calon penumpang kapal untuk diterbitkannya surat keterangan sehat di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Calon penumpang tujuan Pulau Madura yang akan pulang kampung itu berpotensi menularkan virus corona, karena berasal dari zona merah. Tes cepat merupakan bentuk antisipasi agar penumpang kapal yang pulang kampung tidak menularkan virus kepada keluarganya.

“Di Madura kan masih sedikit yang terpapar corona, maka pemerintah peduli terhadap protokol kesehatan Covid-19, supaya mereka tidak pulang ke kampung halamannya membawa penyakit,” tuturnya.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III bersama KSOP IV Panarukan serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Situbondo, melakukan tes cepat (rapid test) terhadap seluruh penumpang kapal feri di pelabuhan penyeberangan Situbondo-Madura.

Onny Djayus CEO Regional Jatim Pelindo III mengatakan bahwa kegiatan tes cepat secara massal secara gratis di Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo ini, merupakan bentuk kepedulian Pelindo III dalam rangka memutus mata rantai penularan Corona Virus Disease 19 atau Covid-19.

“Dilakukan tes cepat di pelabuhan, karena kami sebelumnya menerima data bahwa penyebaran virus ini di pelabuhan-pelabuhan. Oleh karena itu, kami sebagai BUMN menggelar tes cepat gratis, dan hari ini di Pelabuhan Jangkar kami siapkan seribu rapid test kit, dan total seluruhnya kami siapkan 50 ribu rapid test kit,” katanya. (ant/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs