Kamis, 25 April 2024

Daop 8 Surabaya Pastikan Penumpang yang Turun Disterilisasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Bilik disinfektan yang disiapkan di sejumlah stasiun Daop 8 Surabaya, sebagai pencegahan penyebaran COVID-19. Foto: Daop 8 Surabaya

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya memastikan setiap penumpang yang turun di stasiun wilayah itu disterilisasi dengan bilik disinfektan, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, seperti sejumlah penumpang yang baru saja tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya dari Jakarta, Minggu (29/3/2020).

“Kami pastikan setiap penumpang yang turun disterilisasi, bahkan sebelum naik KA mereka juga diperiksa di stasiun awal Jakarta,” kata Suprapto Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya dikonfirmasi di Surabaya, Minggu.

Ia mengatakan, pemeriksaan awal di stasiun Jakarta dilakukan dengan menempatkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu badan, dan jika pada saat pengecekan, suhu badannya mencapai 38 derajat celcius atau lebih, maka calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan menggunakan KA.

“PT KAI akan mengembalikan penuh biaya tiket atau 100 persen diluar bea pesan. Apabila penumpang itu batal naik karena suhu badannya tinggi,” katanya dilansir Antara.

Tidak hanya itu, kata dia, Daop 8 Surabaya juga selalu memastikan kebersihan kereta dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA, salah satunya dengan mengunakan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

Suprapto mengakui, meski beberapa jadwal KA dibatalkan dari dan menuju Jakarta, namun ada beberapa jadwal yang masih berlaku. Namun demikian, dari segi jumlah penumpang dari Jakarta sudah jauh menurun.

“Dari kemarin, jumlah penumpang yang berasal dari Jakarta dan turun di wilayah Daop 8 Surabaya sudah sangat sedikit, berada di kisaran 8.000 penumpang, dibanding hari biasanya sekitar 30.000 lebih,” katanya.

Ia mengaku, masih adanya penumpang yang berasal dari Jakarta turun di stasiun Daop 8 Surabaya dikarenakan ada beberapa jadwal KA yang belum dibatalkan karena masih proses atau dilakukan secara bertahap.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs