Rabu, 25 November 2020

Di Meja Makan Selalu Ingatkan Anak-anak Patuh Prokes

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Hayuning Purnama Dewi (dua dari kiri) bersama keluarga. Foto diambil sebelum pandemi. Foto: IG Hayuning Purnama Dewi

Saat bersama-sama di meja makan, entah saat makan malam atau, sekedar ngobrol bersama, bercerita tentang masing-masing aktivitas yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini, Hayuning Purnama Dewi S.Sos., M.Med.Kom., M.M, tak lupa mengingatkan keluarganya selalu patuh prokes (protokol kesehatan).

“Kadang memang lagi ngobrol atau masing-masing mengerjakan sesuatu, di meja makan satu diantara spot berkumpul kami. Dan pada kesempatan seperti itu, kepada anak-anak selalu diigatkan tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan. Seperti pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” terang Hayuning, Kamis (1/10/2020).

Dua putri berusia 12 tahun dan 9 tahun menjadi perhatian khusus Hayuning yang punya kesibukan sebagai Dosen sekaligus praktisi kehumasan yang kerap menyita banyak waktunya, di tengah pandemi seperti saat ini.

Kesibukan melalui webinar dan berbagai pertemuan secara daring menjadi bagian keseharian Hayuning yang harus dijalaninya selama pandemi Covid-19 ini berlangsung. Selain mewajibkan proses perkuliahan daring, pihak kampus tempatnya mengajar juga mewajibkan untuk membuat laporan-laporan daring juga.

“Karena itu, saat berkumpul di meja makan kami ingatkan kembali tentang bahaya Covid-19, sekaligus tetap mengajak anak-anak untuk patuh protokol kesehatan. Toh itu juga untuk kepentingan mereka, saat berada diluar rumah, atau bertemu kawan dan orang lain. Selama ini, mereka sepertinya paham dan mengerti tentang situasi saat ini,” tambah Hayuning.

Sesekali putrinya memang bertanya tentang pandemi Covid-19 ini. Kapan pandemi ini berkahir, apa bedanya orang yang memakai masker dan tidak memakai masker, juga kegunaan dari menjaga jarak, menjadi pertanyaan-pertanyaan yang memang harus diberikan jawaban dengan benar.

“Sesekali juga, kami ajak anak-anak untuk membaca dan melihat dari internet. Banyak kok informasi soal Covid-19, dan protokol kesehatan, 3 M, dan beruntungnya anak-anak bisa langsung mengakses internet sendiri, kemudian bertanya kalau ada yang tidak mereka pahami,” papar Hayuning.

Selain sejak awal mulai santernya kabar tentang pandemi Covid-19 ini, Hayuning berinisiatif menyediakan sarana dan prasarana untuk protokol kesehatan bagi anggota keluarganya dan kerabat yang berkunjung ke rumahnya. Mulai dari penyediaan hand sanitizer, masker, dan air serta sabun untuk mencuci tangan.

Bagaimanapun, menurut Hayuning, pemahaman tentang protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, termasuk melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) sebaiknya sudah dilaksanakan sejak dari rumah, dan tidak henti-hentinya untuk selalu diingatkan pada keluarga sebagai satu diantara cara mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.(tok/lim)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
34o
Kurs