Jumat, 29 Maret 2024

Di Tengah Pandemi Covid-19, UK Petra Serahkan Beasiswa bagi 403 Mahasiswa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rektor bersama perwakilan mahasiswa penerima beasiswa UK Petra. Foto: Humas UK Petra.

Dalam perayaan Dies Natalis Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya yang ke-59 bulan September 2020, di masa pandemi Covid-19, untuk ke dua kalinnya serahkan beasiswa pada 403 mahasiswanya.

“Di masa pandemi ini, penyerahan beasiswa yang kami lakukan ini merupakan kali kedua. Pertama kami berikan tanggal 9 Juli 2020 yang lalu untuk 215 mahasiswa”, terang Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor UK Petra. Penyerahan beasiswa gelombang berikutnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ada berbagai skema beasiswa yang diberikan kali ini, antara lain: Beasiswa Petra Peduli, Beasiswa Petra Peduli COVID, Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa Mitra Prestasi Sains, Beasiswa Olimpiade Sains Nasional (OSN), Beasiswa Prestasi Kawasan Timur Indonesia (KTI), dan Beasiswa I-CARE UKP yang berasal dari para donatur.

UK Petra menyediakan anggaran dana cukup besar untuk menyediakan berbagai beasiswa skema beasiswa untuk mahasiswanya. Secara garis besar, skema beasiswa di UK Petra dibagi menjadi dua kelompok besar; pertama yaitu beasiswa yang disediakan untuk para mahasiswa berprestasi akademik/olah raga atau seni yang menonjol. Kedua merupakan beasiswa untuk mahasiswa yang memerlukan dukungan keuangan agar studinya tidak terhambat.

Beasiswa kategori pertama merupakan bentuk penghargaan kepada mereka yang berprestasi tinggi. Sedangkan beasiswa kategori kedua merupakan wujud dari kepedulian UK Petra terhadap mahasiswa yang membutuhkan dukungan untuk menjamin kelangsungan studi mereka.
“Ini merupakan realisasi dari visi UK Petra, yaitu untuk menjadi Universitas yang peduli dan global. Terlebih lagi dalam masa pandemi Covid-19 ini, UK Petra memberikan lebih banyak beasiswa, khususnya kepada mahasiswa yang terdampak ekonominya karena krisis ekonomi yang terjadi. Kami berharap dan berupaya keras agar tidak satupun mahasiswa UK Petra terhambat studinya karena pandemi ini.”, tambah Djwantoro.

Sumber dana beasiswa ini selain dari anggaran biaya UK Petra dengan dukungan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra) juga berasal dari donasi alumni, donatur dan berbagai institusi lain. “Kami sangat berterimakasih kepada pada donatur yang bermurah hati mendonasikan dana beasiswa untuk para mahasiswa UK Petra.”, ujar Rektor yang menjabat sejak akhir 2017 ini.

Adel Philip satu diantara penerima beasiswa mengungkapkan rasa terimakasih dan kegembiraannya. “Saya sangat senang mendapatkan beasiswa ini. Saya memang sejak awal masuk UK Petra ingin mendapatkan beasiswa ini untuk membantu meringankan beban orang tua dengan prestasi saya. Saya berupaya belajar dengan benar yaitu membuat schedule belajar sesuai dengan pertemuan.”, ungkap Adel Philip dari Program International Business Engeneering (IBE) UK Petra yang mendapatkan beasiswa Prestasi Akademik.

Sementara itu dihubungi terpisah Michael Francesco, peraih beasiswa Petra Peduli Mahasiswa Baru sangat bahagia kuliah di UK Petra sebab mimpinya dapat terwujud.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan beasiswa sekaligus bangga bisa kuliah di UK Petra. Saya dapat memperdalam skill di bidang IT dan dengan masuk UK Petra, saya bisa bertemu serta berkenalan dengan orang-orang hebat sehingga impian saya menghadirkan Social Media yang mengedukasi bangsa dapat terwujud.”, urai mahasiswa Program Studi Informatika.

Saat pandemi dan krisis ekonomi melanda negara kita Indonesia dan bahkan dunia, ini saatnya bagi kita untuk saling dukung-mendukung, saling tolong-menolong. Ini saatnya yang diberi kelebihan membantu yang kekurangan, dan sebaliknya agar semua belajar menghargai dan mensyukuri semua berkat finansial dan kesehatan yang diterima.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs