Selasa, 23 April 2024

Digelar Virtual, Pesta Boneka #7 A Sip of Joy Diikuti 18 Negara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
flyer

Pagelaran Pesta Boneka #7 yang dijadwalkan digelar mulai Senin (5/10/2020) sampai Minggu (11/10/2020) bertajuk A Sip of Joy dipentaskan secara virtual diikuti sekurangnya 18 negara dunia.

Pagelaran dua tahunan ini, untuk pertama kalinya digelar secara virtual. Sebelumnya Pesta Boneka yang dihelat di Jogyakarta selalu digelar dalam sebuah kemeriahan festival yang menyenangkan dengan berbagai aktivitasnya. Mulai dari pertunjukan, hingga berbagai workshop yang dihelat.

Tema A Sip of Joy dipilih sebagai bentuk respons pada kondisi kekinian, kondisi saat ini, manakala dunia sedang menghadapi beragam persoalan termasuk diantaranya adalah persoalan pandemi. Yang juga sedang melanda Indonesia.

“Membawa seteguk kebahagiaan adalah harapan kami semua atas hadirnya festival ini,” ungkap tim Papermoon Puppet Thater sebagai penyelenggara Pesta Boneka dan Pesta Boneka #7 dalam laman facebook nya, Senin (5/10/2020.

Dipastikan akan hadir 18 negara yang menampilkan masing-masing senimannya dalam perjalanan virtual pada Pesta Boneka #7 tahun 2020 ini. Karena pertunjukan ini merupakan pertunjukan berskala internasional, penyelenggara jauh-jauh hari telah melakukan seleksi ketat bagi calon penampil.

Para seniman yang ikut berpartisipasi pada Pesta Boneka #7 di tahun 2020 ini berasal dari Argentina, Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Islandia, Indonesia, Iran, Italia, Jepang, Malaysia, Belanda, Filipina, Singapura, Slovakia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Inggris, AS, dan Vietnam.

Kelompok seniman maupun individu dari 18 negara tersebut siap menjadi bagian dari gelaran ketujuh Pesta Boneka. Mereka mulai Selasa (6/10/2020) dijadwalkan masing-masing mementaskan karya secara virtual, meskipun seremoni pembukaan dilaksanakan pada Senin (5/10/2020) malam.

Dari laman instangram Pesta Boneka, pengunjung atau penonton tidak hanya menyaksikan penampilan pertunjukan masing-masing seniman, tetapin juga dijadwalkan digelar lokakarya, juga berbagi melalui beberapa diskusi dan bedah buku, serta ada pula program mengunjungi studio seniman teater boneka di berbagai belahan dunia.

Tahun ini, pada Pesta Boneka #7: A Sip of Joy, para penonton dapat menyaksikan bebagai pertunjukan yang ada, mengikuti workshop, serta menikmati rangkaian acara lainnya dengan menggunakan layar komputer, laptop atau smartphone.

Pesta Boneka adalah sebuah festival teater boneka berskala internasional yang diadakan secara independen oleh Papermoon Puppet Theatre sejak 2008. Studio Papermoon Puppet Theater berlokasi di Desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Festival dua tahunan ini menjadi ruang berkumpulnya seniman teater boneka dan para pecinta teater boneka dari berbagai belahan dunia. Mereka menegaskan, Pesta Boneka adalah festival untuk banyak orang.

Diinisiasi oleh Maria Tri Sulistyani dan kawan-kawan, nama Papermoon Puppet Theater semakin dikenal masyarakat lantaran hadir di skena film nasional melalui AADC 2, juga menjadi satu diantara video clip penghias komposisi penyanyi Tulus.(tok/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs