Selasa, 19 Maret 2024

Dirjen WHO Serukan Vaksin Corona Dibagikan Sebagai Barang Publik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi vaksin. Foto: Getty Images/iStockphoto

Vaksin untuk virus corona harus tersedia sebagai barang publik global, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (12/6/2020), untuk memastikan semua orang mendapat akses yang sama atas produk penyelamat nyawa yang sedang dikembangkan itu.

“Banyak pemimpin…mempromosikan gagasan pembuatan vaksin apa pun sebagai barang publik global, tetapi itu harus terus dipromosikan,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus Direktur Jenderal WHO dikutip Reuters yang dilansir Antara, Sabtu (13/6/2020).

“Lebih banyak pemimpin harusnya bergabung dengan upaya tersebut dan kita perlu memiliki komitmen politik global yang sungguh-sungguh serta konsensus global bahkan sebelum kita mempunyai produk tersebut,” katanya. “Itulah yang sedang kami dorong.”

Tedros mengeluarkan seruan itu setelah muncul kekhawatiran bahwa sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat, bisa saja menimbun vaksin atau obat apa pun yang mereka kembangkan untuk melawan Covid-19 sementara negara miskin tidak mendapat akses ke pengobatan yang mereka butuhkan.

Situasi saat ini di Brazil, yang kini menjadi salah satu pusat penyebaran Covid-19 di dunia, semakin menjadi perhatian apalagi di perkotaan, menurut Mike Ryan pakar kedaruratan senior WHO.

Sistem kesehatan Brazil “masih bertahan” meski sejumlah unit perawatan intensif (ICU) berada pada tahap kritis dan di bawah tekanan berat dengan tingkat hunian tempat tidur di atas 90 persen, kata Ryan.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
31o
Kurs