Kamis, 28 Maret 2024

Diskominfo Surabaya Bantah Pasar-Pasar di Surabaya Tutup

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Unggahan salah satu warganet yang menanyakan isu penutupan pasar imbas virus corona. Foto: suarasurabaya.net

Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya membantah kabar yang menyebutkan pasar-pasar di Surabaya ditutup. Menurutnya, baik pasar maupun pusat perdagangan lain di Surabaya tidak ditutup, tapi menerapkan standar kesehatan maksimum, seperti yang tertuang di Surat Edaran Wali Kota Surabaya Nomor 360/3324/436.8.4/2020.

“Kalau penutupan saya koordinasikan dengan Kepala Bankes Panglima sebagai gugur satuan tugas Covid-19, itu tidak ada (penutupan pasar). Saya komunikasi dengan PD pasar juga tidak ada,” kata Fikser kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (22/3/2020).

Dalam surat edaran tersebut, di poin 9 berbunyi: Mengimbau seluruh pasar, pertokoan, pusat perbelanjaan dan toko modern untuk menerapkan standar kesehatan maksimum serta upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 19 (Covid-19) sesuai dengan Protokol Pasar dan Kawasan Perdagangan.

Fikser menambahkan, protokol standar kesehatan maksimum yang dimaksud seperti adanya pemeriksaan suhu tubuh. Serta segera melakukan pemeriksaan kesehatan di layanan kesehatan jika merasa tidak sehat.

Selain itu, para pedagang juga diimbau untuk menggunakan masker dan menerapkan etika batuk yang benar, serta menggunakan sarung tangan.

Sedangkan untuk peralatan pencegahan Covid-19, lanjut Fikser, sudah disiapkan oleh PD pasar.

“Ya, untuk pasar-pasar ini sudah kami siapkan itu. Sudah ada westafel di pasar-pasar, bagaimana hand sanitizer supaya kebutuhannya cukup. Kemarin 16 Maret kan Bu Wali Kota sudah mengumpulkan stakeholder-stakeholder untuk menyiapkan protokol pencegahan,” ujarnya.

Sebelumnya, tersiar kabar yang menyebutkan berita dari Suara Surabaya, pasar Citraland dan pasar Genteng akan ditutup. Sementara itu, pemberitaan Suara Surabaya juga menyebutkan berita ini salah.

“Banyak yang tanya ke SS, benar nggak pasar Citraland dan Genteng ditutup. Itu tidak benar, kami pun tidak pernah menyiarkan berita tentang penutupan pasar itu,” kata Restu, salah satu penyiar Radio Suara Surabaya.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs