Senin, 30 Januari 2023

DLH Jatim Harapkan Banyak Perusahaan Semakin Peduli Kebersihan Sungai

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Sejumlah pekerja membersihkan sungai di Kali Tengah Bambe, Kabupaten Gresik, Kamis (17/06/2020). Foto: ANTARA/HO-Istimewa

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur berharap semakin banyak perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dengan cara melakukan kegiatan bersih-bersih sungai.

“Sehingga nantinya lingkungan, terutama sungai dan alam di Jatim bisa terjaga dengan baik,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jatim Sinarta di Surabaya, Kamis.

Secara khusus, Sinarta mengapresiasi PT Wings Group yang menginisiasi kegiatan “Gerakan Adopsi Sungai Brantas” dengan mengadakan bersih-bersih sungai di Kali Tengah, Bambe, Gresik.

Menurut ia, langkah itu adalah salah satu bentuk tanggung jawab dan ikhtiar baik dari suatu perusahaan yang sudah memahami persoalan di lingkungan sekitar.

Terlebih, kata Sinarta, PT Wings Group merupakan perusahan yang bergerak di bidang produksi makanan, minuman, dan perawatan di segala bidang, baik rumah tangga, tubuh, dan juga pakaian.

“Ini berarti sudah ada tanggung jawab dari perusahaan. Kami berharap semoga nanti perusahaan lain yang serupa produksinya juga menginisiasi kegiatan sama,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut.

Manager Marketing Support Wings Surya, Lilik Sianto, mengatakan salah satu fokus utamanya saat ini adalah mengenai permasalahan lingkungan hidup, terutama sampah yang menumpuk di air.

“Jika kita bicara sungai, saat ini isu yang berkembang adalah mikroplastik yang berasal dari sampah. Makanya kami sekarang adakan bersih-bersih sungai dengan lembaga terkait. Tapi, kami tidak fokus ke pembersihan saja, namun juga sosialisasi ke warga yang rumahnya dekat sungai untuk ikut menjaga sungai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Divisi Jasa Tirta 2 Arief Budianto mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan bersih-bersih sungai.

“Ini upaya untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang selama ini menghantui aliran sungai. Semoga bisa menjadi contoh dan ada bersih-bersih di sungai lainnya,” tuturnya.(ant/lim)

Berita Terkait