Jumat, 19 April 2024

Dokter Purwati, Peneliti Unair yang Hobi Riset dan Travelling ke Tempat-tempat Eksotis

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Dokter Purwati Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair. Foto: Istimewa

Pandemi Covid-19 membuat banyak negara-negara di berbagai belahan dunia terpaksa menutup akses dari kunjungan tamu, demi mencegah penyebaran penyakit.

Tempat-tempat pariwisata yang biasanya ramai pengunjung, drastis sepi. Orang lebih memilih di rumah, membatasi aktivitas luar ruangan.

Kondisi itu otomatis membuat galau orang-orang yang punya hobi bepergian (travelling) seperti Dokter Purwati Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga (Unair).

Pemilik nama lengkap dengan sederet gelar akademik di bidang kedokteran (DR. dr. Purwati, SPpd, K-PTI FINASIM) mengaku sudah lama hobi bepergian ke tempat baru yang eksotis, baik di dalam mau pun luar negeri.

Travelling ke tempat baru dan riset itu hobi saya,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Jumat (12/6/2020), di Jakarta.

Perempuan yang juga menjadi dosen di Fakultas Vokasi Unair itu mengungkapkan, sudah cukup banyak tempat-tempat eksotis yang didatangi bersama keluarga, antara lain Kashmir, Helsinki, dan Konawe yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Purwati punya cukup banyak cerita seru dan berkesan waktu travelling. Salah satunya, dia menyebut merasa was-was waktu di Kashmir yang merupakan daerah konflik antara India dengan Pakistan.

“Kashmir kan daerah konflik. Jadi, tiap hari ada pemeriksaan ketat, setiap area dijaga tentara, dan kalo malam seram,” katanya.

Cerita lain yang tidak akan dilupakan Dokter Purwati, adalah terkatung-katung di laut waktu perjalanan menuju pulau di daerah Konawe.

“Saya pernah terkatung-katung di laut dari siang sampai malam waktu di Konawe mau menuju pulau. Dalam situasi begitu, saya banyak berdoa saja,” sebutnya.

Di masa pandemi Covid-19, peneliti yang juga Associate Prof Asia University Thaicung Taiwan mengaku kangen dengan hobi bepergian.

Karena tidak bisa ke mana-mana untuk sementara waktu, Purwati lebih banyak menjalani hobinya yang kedua, yaitu melakukan riset.

“Riset itu juga hobi saya. Di masa pandemi begini, saya dan teman-teman riset di lab saja. Bahkan, puasa dan lebaran kemarin kami dari pagi sampai malam di lab, tidak libur,” katanya.

Di sela kesibukannya memimpin penelitian dan riset, Dokter Purwati selalu menyempatkan diri olahraga di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Saya rutin olahraga. Exercise ringan tiap hari sekitar 15 menit,” tandasnya.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs