Selasa, 22 September 2020

Donor Plasma Konvalensen, PMI Surabaya Jemput Bola

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Hendro Gunawan Ketua PMI Surabaya (kiri) menerima bantuan kemanusiaan secara simbolis dari Minarto Basuki Direktur PT Pakuwon Jati Tbk (kanan). Foto: Totok suarasurabaya.net

Pelaksanaan donor darah plasma konvalensen dipastikan PMI Surabaya untuk melakukannya dengan jemput bola. Mengingat kebutuhan akan plasma konvalensen saat ini juga masih tinggi.

Ir Tri Siswanto MM Wakil Ketua I PMI Surabaya menyampaikan itu disela-sela penerimaan bantuan kemanusiaan untuk PMI Surabaya yang diberikan oleh PT Pakuwon Jati Tbk., Jumat (14/8/2020) di kantor UTD PMI Surabaya Jl. Embong Ploso, Surabaya.

“Tentunya memang tidak gampang. Selain prosedurnya memang lebih detil dibandingkan dengan donor darah biasa, donor plasma konvalensen menjadi sesuatu yang dicari karena masih tingginya dan banyak yang membutuhkan. Karena itu, selain kami tetap membuka layanan donor plasma di kantor UTD PMI Surabaya, kami juga akan jemput bola,” terang Tri Siswanto.

Satu diantaranya, kata Tri adalah dengan tetap mengupayakan mereka yang akan mendonorkan plasma tersebut tidak harus repot-repot untuk melakukan pengisian daftar lembar formulir kesehatan. Karena mereka yang akan mendonorkan plasma, dipastikan telah mengantongi surat keterangan sehat dari rumah sakit.

“Tetapi saat beliau-beliau hadir di UTD PMI Surabaya, pemeriksaan kesehatan secara standar terkait dengan keharusan bagi pendonor tetap dilakukan. Tidak boleh tidak. Peralatan kami mencukup untuk pendonor plasma konvalensen tersebut,” ujar Tri.

Sementara itu, Jumat (14/8/2020) PMI Surabaya menerima bantuan kemanusiaan dalam kaitannya dengan pandemi Covid-19 dari PT Pakuwon Jati Tbk. Secara simbolis penyerahan bantuan kemanusiaan dilakukan oleh Minarto Basuki Direktur PT Pakuwon Jati Tbk., kepada Hendro Gunawan Ketua PMI Surabaya.

Menanggapi hal itu, Tri Siswanto mengaku sangat bersyukur dan berterimakasi atas bantuan kemanusiaan yang disampaikan kepada PMI Surabaya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Bantuan yang kami terima dari PT Pakuwon jati tentunya sangat bermanfaat bagi kami semua dalam kinerja di masa pandmei Covid-19 ini. Ada banyak hal yang terus menerus dilakukan PMI diantaranya adalah dengan membuka dapur umum, yang setiap hari menghadirkan nasi bungkus untuk masyarakat terdampak. Dan tentu saja bantuan kemanusiaan dari Pakuwon Jati ini akan memberikan manfaat besar,” kata Tri Siswanto.

Usai seremonial penyerahan bantuan kemanusiaan, di ruang donor plasma konvalensen, kantor Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya, Jumat (14/8/2020) telah hadir pendonor plasma konvalensen ke 33 dan 34 asal Kota Surabaya.(tok/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 22 September 2020
30o
Kurs