Selasa, 23 April 2024

DPR Minta Pemerintah Menunda Proyek Kereta Cepat di Tengah Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Kereta cepat. Foto: Opusten

Irwan Anggota Komisi V DPR RI berharap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan rencananya sampai ke Surabaya ditunda dulu.

Menurutnya, pemerintah seharusnya fokus menangani pandemi Covid-19, terutama untuk mengerakkan kembali perekonomian dengan cara membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Harusnya ditunda saja dulu karena situasi seperti ini. Pemerintah juga mengeluh kekurangan anggaran penanganan Covid-19, kekurangan anggaran untuk stimulus ekonomi. Pemerintah semestinya lebih mendorong ekonomi masyarakat dulu, ekonomi kerakyatan, UMKM dibanding melanjutkan proyek infrastruktur besar yang sebenarnya bisa ditunda,” kata Irwan dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (30/5/2020).

Jangan sampai, sambung Wasekjen Partai Demokrat itu, ada kesan yang negatif dari masyarakat kalau proyek kereta cepat dilanjutkan di tengah situasi rakyat yang kesulitan akibat dampak Covid-19.

“Kalau kereta cepat ini dilanjutkan apalagi mau sampai Surabaya, bener-benar pemerintah berpihak pada pemodal atau pengusaha,” tegasnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian menyebutkan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilanjutkan sampai ke Surabaya, sesuai arahan Joko Widodo Presiden.

“Arahan Presiden, agar lebih ekonomis, untuk didorong kelanjutan proyek tidak hanya berhenti di Bandung, tapi sampai Surabaya,” kata Airlangga usai rapat kabinet yang dipimpin Presiden lewat video conference, Jumat (29/5/2020).

Dengan rencana itu, maka proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya diintegrasikan dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs