Sabtu, 20 April 2024

Dukung Perjuangan Dokter Hadapi Covid-19, UK Petra Surabaya Donasi APD ke 32 RS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara rumah sakit (RS) yang menerima donasi dari UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra

Dukung perjuangan dokter dan paramedis hadapi pandemi Covid-19, Rabu (20/5/2020) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya donasikan masker medis KN 95 ke 32 rumah sakit (RS) di sejumlah daerah di Indonesia.

Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Rabu (20/5/2020) donasikan masker medis KN 95 ke sekurangnya 32 rumah sakit di sejumlah daerah di Indonesia, sebagai dukungan bagi perjuangan para dokter dan paramedis menghadapi pandemi Covid-19.

Masker medis KN 95 yang di donasikan dipastikan memenuhi standar sertifikasi FDA (Food and Drug Administration) yang berlaku secara internasional. Lebih dari 10.000 masker medis telah didistribusikan ke 32 rumah sakit yang tersebar mulai dari ujung barat ke ujung timur Indonesia.

Mulai dari RSUD Zainoel Abidin di Banda Aceh, Bandar Lampung, Kota Baru, ke Waingapu, Waikabubak, Kupang, Atambua, Toraja hingga RSAL di Ambon.

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor UK Petra Surabaya, menyampaikan bahwa gerakan penyaluran donasi masker medis ini merupakan perwujudan dari visi UK Petra untuk menjadi kampus yang peduli dan global. Wabah Covid-19 ini harus diperangi bersama-sama.

“Ini saatnya kita bergandeng tangan sebagai ‘kita’, bukan berjalan sendiri-sendiri sebagai ‘aku’. Kepedulian ini telah diwujudkan dalam berbagai gerakan untuk mendukung dokter dan para medis, warga Surabaya, warga seputar kampus dan juga para alumni, orangtua dan mahasiswa UK Petra,” terang Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng.

Pendistribusian masker medis KN 95 ke puluhan rumah sakit di berbagai penjuru tanah air oleh UK Petra Surabaya ini membawa tantangan tersendiri, utamanya sejak adanya aturan dari pemerintah terkait pembatasan sarana transportasi di tanah air.

“Butuh waktu sekitar dua minggu untuk mengirimkan paket donasi dari Surabaya ke Waikabukak di Pulau Sumba. Tapi tantangan ini tidak menyurutkan semangat untuk mendistribusikan APD yang vital ke berbagai rumah sakit tersebut,” papar Meilinda, S.S., M.A., Direktur Office of Institutional Advancement (OIA) UK Petra.

Selain mengalokasikan anggaran untuk memberikan bantuan-bantuan ini, UK Petra terus mengundang partisipasi donasi dari seluruh warga kampus dan masyarakat untuk mendukung warga seputar kampus dan juga untuk mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

UK Petra juga telah menerima berbagai kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan berbagai jenis bantuan. Masker medis ini dipercayakan oleh Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah (YISB) ke UK Petra Surabaya untuk disalurkan ke pihak-pihak yang memerlukan.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs