Sabtu, 27 April 2024

Eksplorasi Bersama Sumber Daya Energi, ITS dan PAG Kerjasama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penandatanganan MoU antara kedua belah pihak. ITS dan PT PAG. Foto: Humas ITS

Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng., Rektor ITS biasa disapa Ashari ini menyambut baik MoU dengan PT PAG. Sebuah kehormatan bagi ITS bisa menjalin kerja sama, karena PT PAG merupakan perusahaan besar bidang energi. “Kita melaksanakan MoU ini untuk membuka kerja sama yang lebih luas antara Aceh (PT PAG) dengan Surabaya (ITS),” terang Ashari.

Sementara, Sukarni Manan mengungkapkan, sebagai perusahaan besar yang berlokasi di Aceh, PT PAG memiliki beberapa kelanjutan kegiatan bisnis dengan kegiatan utama berupa memproses gas yang bersumber dari North Sumatra Offshore (NSO), sebuah anjungan lepas pantai (offshore) yang berjarak 100 kilometer ke arah laut.

Bisnis yang dijalankan sudah berlangsung lama, bahkan sejak PT PAG masih memiliki nama sebagai PT Arun. “Kami akan bekerja sama dengan ITS untuk pengembangan bisnis-bisnis ke depan,” ujar Sukarni.

Dari penjelasan yang disampaikan Sukarni, diketahui juga bahwa PT PAG merupakan satu-satunya perusahaan pusat logistik berikat yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menangani komoditi liquefied natural gas (LNG). Yakni merupakan gas yang didominasi oleh metana dan etana yang didinginkan hingga menjadi cair pada suhu antara -150 sampai -200 derajat celcius.

“Dengan program ekonomi dari Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo, red), untuk menggerakkan logistik supply kebutuhan bahan impor, maka PAG mengambil momentum tersebut mengajukan diri sebagai pusat logistik berikat,” kata Sukarni.

Di akhir perbincangan tersebut, Surkani menjelaskan beberapa objek dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan potensi dalam aspek teknik, sosial, ekonomi, serta pengembangan sumber daya masyarakat (SDM). “Melalui kerja sama dengan ITS, dalam pengembangan bisnis di PAG kami bisa melakukan kajian-kajian sesuai dengan kompetensi yang dimiliki ITS,” ujar Sukarni.

Dalam bidang pendidikan, ITS berharap pihaknya dan PT PAG dapat melakukan eksplorasi bersama terkait peluang-peluang yang ada, terutama dalam bidang minyak dan gas terutama dengan adanya kemitraan mandiri ITS.

ITS berusaha melebarkan sayap kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar dengan evaluasi rutin setiap tahunnya. “Nanti ada semacam Memorandum of Agreement (MoA) untuk itu, kemudian bisa dimanfaatkan untuk tahun depan bagi bidang pendidikan,” pungkas Ashari.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin siap menjadi garda terdepan dan berperan dalam memajukan bidang teknik, sosial, ekonomi, dan sumber data dengan memperlebar sayap kerja samanya.

Hal tersebut dibuktikan dengan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Perta Arun Gas atau PT PAG, anak perusahaan milik PT Pertamina yang bergerak di bidang sumber daya energi.

Agenda yang berlangsung di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat ITS tersebut dihadiri langsung Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng., Rektor ITS dan Presiden Direktur (Presdir) PT PAG Arif Widodo.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs