Kamis, 29 Oktober 2020

FEB UWKS Bekali Maba dan Calon Wisudawan Karakter Kebersamaan dan Jiwa Kejuangan

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Drs. Soedijatmiko, M.M Ketua Yayasan Wijaya Kusuma Surabaya (tengah, berbatik) berfoto bersama mahasiswa baru FEB UWKS. Foto: Humas UWKS

Memperingati Hari Sarjana Nasional 2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya mengadakan Kuliah Umum Pembinaan Karakter bagi mahasiswa baru dan calon wisudawan pada Selasa (29/9/2020).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Suarasurabaya.net, acara tersebut digelar di Gedung Poncowaliko UWKS, diikuti sebanyak 50 mahasiswa secara luring dan 400 mahasiswa secara daring.

Pembinaan karakter sangat diperlukan bagi mahasiswa baru dan calon wisudawan dalam menghadapi tantangan kehidupan dan karir, baik di tingkat nasional dan internasional terutama di masa pandemi ini.

Acara dibuka sambutan dari Drs. Ec. Gimanto Gunawan, M.M., M.Ak Dekan Ekonomi, yang menyampaikan pentingnya karakter yang tangguh dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Beliau menyampaikan karakter yang baik akan mencerminkan sikap dan perilaku professional di dunia kerja.

Drs. Baskara Pradipta, M.A, Koordinator Fungsi Ekonomi Kedutaan Republik Indonesia di Kyiv, Ukraina juga berkesempatan menyampaikan sambutannya pada acara tersebut. Beliau menyampaikan pentingnya karakter yang baik dan berdaya juang yang kuat terutama untuk menghadapi tantangan internasional di masa pandemi ini.

Drs. Soedijatmiko, M.M Ketua Yayasan Wijaya Kusuma Surabaya, menyampaikan bahwa kebersamaan adalah kunci sukses namun dalam kenyataannya menciptakan kebersamaan itu tidak mudah terlebih di masa pandemi. Untuk itu perlu ditanamkan filosofi kuno Sirolah Datolah Sipatola yang artinya Tuhan menciptakan segala sesuatu berbeda-beda dan memberi amanah kepada kita manusia untuk tetap menjaga kebersamaan dengan sifat sabar. Di kesempatan ini juga beliau menciptakan lagu dengan judul sirolah datolah sipatola yang dinyanyikan di acara kuliah umum tersebut oleh mahasiswa.

Letkol Inf. Drs. Didi Suryadi, M.IP Pabandya Bhakti TNI Makodam V Brawijaya, menyampaikan perbedaan-perbedaan yang ada saat ini harusnya tidak dipermasalahkan karena kita sudah terikat oleh Bhinneka Tunggal Ika. Diperlukan sikap saling memahami dan menghargai orang lain supaya terjalin hubungan yang baik.

Dalam kegiatan ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWKS juga menyumbang bingkisan yang berisi buku dan alat tulis sebanyak 105 bingkisan kepada siswa kelas VI SDN Dukuh Kupang 5 Surabaya dan 55 bingkisan yang terdiri dari buku dan alat tulis untuk anak yatim piatu di daerah Dukuh Kupang. FEB UWKS juga menyumbang 20 liter hand sanitizer kepada RW 2 dan RW 8 Dukuh Kupang Barat sebagai wujud peduli dalam memutuskan rantai penularan virus covid 19.(lim)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Kamis, 29 Oktober 2020
33o
Kurs