Rabu, 24 April 2024

Fokus Covid-19, Pemerintah Belum Alokasikan Anggaran Proyek Ibu Kota Baru

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gagasan desain Nagara Rimba Nusa, pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota baru Negara atau IKN oleh Kementerian PUPR di Jakarta, 23 Desember 2019 lalu. Foto: Antara

Kementerian Keuangan menyatakan, tidak ada anggaran bagi proyek ibu kota baru negara atau IKN pada tahun ini. Pemerintah masih fokus menangani Covid-19.

“Pemerintah fokus pada upaya-upaya penanggulangan Covid-19. Jadi, setahu saya tidak muncul-muncul anggaran bagi IKN,” ujar Brahmantio Isdijoso Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu.

Dia menyatakan ini dalam sebuah seminar daring di Jakarta, Sabtu (11/7/2020), sebagaimana dikutip Antara.

Menurut dia, sebelum pandemi Covid-19 terjadi, arahan-arahan yang disampaikan Joko Widodo Presiden dan jajaran kabinet soal pembiayaan IKN diupayakan tidak membebani APBN.

“Itu yang sudah cukup lama dibahas dan matang sebelum terjadinya pandemi Covid-19,” katanya.

Brahmantio juga menambahkan, semua pihak berpikir bagaimana berkolaborasi mendorong percepatan pemulihan ekonomi dengan melihat kebutuhan infrastruktur, dan mencari kreativitas agar cost of fund minimal.

Sebelumnya, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, proyek IKN masih tahap perencanaan, fokus pada desain dasar ibukota baru dan penyusunan undang-undang bersama DPR RI.

Dia juga menegaskan tidak ada satu pun kegiatan terkait ibu kota negara baru pada tahun ini selama pandemi Covid-19 belum tuntas. Apalagi karena payung hukum dan undang-undangnya belum ada.

Itu juga yang menjadi alasan Kementerian PUPR sehingga sampai saat ini belum mengalokasikan anggaran untuk proyek ibukota baru itu.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs