Jumat, 19 April 2024

Hari Pertama Penerapan Rapid Test Antigen, Stasiun Pasar Senen Membludak

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Calon penumpang mengantri untuk pendaftaran rapid test antigen. Foto: Faiz/Suarasurabaya.net

Seiring dengan penerapan kebijakan Rapid Test Antigen untuk para penumpang kereta api jarak jauh, hari ini antrean panjang terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Th 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dari pantauan suarasurabaya.net, antrean panjang sudah mulai terjadi sejak pukul 07.00 WIB atau mulai dibukanya pelayanan Rapid Test Antigen.

Pihak stasiun Pasar Senen sendiri juga sudah menyiapkan dengan matang untuk pelayanan ini. Tenda-tenda dan jalur antrean sudah tertata rapi, termasuk tempat duduk untuk menunggu hasil Rapid Test Antigen.

Alur untuk menjalani Rapid Test Antigen dimulai dengan pendaftaran, dimana calon penumpang menunjukkan cetakan tiket atau kode booking kepada petugas.

Dari pendaftaran ini, kemudian petugas memberikan nomor untuk menuju ke kasir atau tempat pembayaran. Biaya Rapid Test Antigen adalah Rp 105 ribu.

Setelah pembayaran, para calon penumpang kemudian antre lagi untuk menjalani Rapid Test Antigen. Hasilnya akan diberikan sekitar 30 menit kemudian. Selama antre menunggu hasil, para calon bisa duduk di kursi yang telah disediakan pihak stasiun.

Bagi calon penumpang yang hasilnya reaktif, maka tidak bisa melakukan perjalanan dan biaya tiketnya akan dikembalikan 100 persen. Selanjutnya penumpang yang reaktif ini akan diberi penjelasan oleh pihak stasiun untuk melakukan test Swab PCR di Rumah Sakit.

Sampai siang ini, tercatat sudah 1600 calon penumpang yang melakukan Rapid Test Antigen di stasiun Kereta Api Pasar Senen. (faz/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs